Perlu Tahu Merawat Mesin Sepeda Motor Anda ~ MEDIAEDUKASIANDA

Perlu Tahu Merawat Mesin Sepeda Motor Anda


mediaedukasianda,- Sepeda motor saat ini sudah menjadi kendaraan wajib yang harus dimiiki oleh setiap orang atau minimal 1 motor untuk 1 keluarga di rumah. Sepeda motor memang sangat dibutuhkan untuk mobilisasi seseorang untuk menunjang aktifitas sehari-hari.

Namun tidak setiap orang mengetahui cara-cara untuk merawat mesin motor mereka supaya tetap prima dan stabil dalam menunjang aktifitas mereka sehari-hari atau mungkin karena kesibukan sehingga tidak sempat melakukan hal-hal kecil yang bertujuan untuk merawat motor mereka.

Berikut kami sajikan beberapa tips sederhana tapi penting diketahui dan diterapkan untuk merawat mesin kendaraan roda dua anda.

Pertama, cara merawat mesin sepeda motor baru
Untuk sepeda motor baru biasanya diberikan jatah perawatan atau servis secara gratis oleh dealer sebanyak 3 kali jalan. Servis tersebut diberikan saat sepeda motor mencapai KM 500 kemudian KM 1000 dan yang ketiga saat mencapai KM 2000.

Anda sebagai pemilik sepeda motor baru jangan sampai melewatkan bonus servis gratis ini karena hal ini juga bertujuan untuk menecek barangkali ada kesalahan dalam perakitan unit sepeda motor yang anda baru beli.

Sehingga dengan pengecekan pada pemakaian pertama saat KM 500 bisa diketahui kemungkinan adanya kesalahan atau tidak.

Sepeda motor baru memerlukan penyesuaian gesekan antara mesin dengan komponen lainnya, sehingga dengan penggantian oli pada KM 500 sangat diperlukan karena oli masih bisa cepat bercampur dengan berbagai serpihan logam lain akibat gesekan.

Sebelum mencapai 500 KM usahakan untuk tidak memuat beban terlalu berat pada sepeda motor anda dan cobalah untuk menjalankan motor dengan kecepatan maksimal dengan cara bertahap dari kecepatan terendah, jangan secara spontan dijalankan dengan kecepatan maksimal.

Untuk motor dengan mesin 4 tak,  tuangkan sedikit oli kedalam knalpot untuk menjaga kanalpot orisinil dari motor anda tetap awet dan tidak mudah keropos. Sementara untuk motor dengan mesin 2 tak, hal ini tidak perlu dilakukan karena knalpot akan terpapar oleh oli secara otomotis.

Kedua, cara dan tips mengganti oli sepeda motor
Berbicara mengenai standard oli yang yang cocok untuk kendaraan adalah SAE dan kebanyakan oli yang dijual dipasaran sudah sesuai sdandard untuk digunakan iklim di Indonesia. Dengan demikian anda tidak perlu khawatirakan mendapatkan standard oli yang tidak tepat untuk motor anda.

Hal yang perlu diperhatikan adalah kapan waktu yang tepat untuk mengganti  oli motor anda. Ini biasanya tertera pada kemasan oli yang anda beli.  Jangan sampai terlambat mengganti oli karena berakibat buruk terhadap mesin motor anda.

Kebanyakan orang menggunakan patokan bulan untuk mengganti oli padahal sebenarnya hal ini kurang tepat karena intensitas pemakaian motor kadang berbeda setiap bulannya.

Pada kondisi tertentu mungkin anda sering menggunakan motor anda untuk bepergian jauh namun pada bulan lain anda mungkin jarang keluar mengunakan motor anda jadi patokan yang tepat untuk ganti oli adalah pada batas kilometer pemakaian motor anda.

Cara ketiga, melakukan tune up pada sepeda motor secara rutin
Beberapa komponen mesin tertentu dapat terjadi aus akibat pemakaian yang mengakibatkan setelan mesin motor bisa berubah. Oleh sebab itu harus dilakukan tune up secara rutin. Debu dan kotoran dapat mengendap yang berpengaruh pada kinerja mesin motor dapat dibersihkan saat melakukan tune up.

Kapan waktu yang tepat untuk melakukan tune up? Ada beberapa kondisi yang bisa anda jadikan patokan. Salah satunya dalah berdasarkan kilometer penggunaan motor sesuai yang ada di buku petunjuk motor. Namun bila anda merasakan motor anda sudah tidak nyaman dipakai seperti biasanya maka ketika itu juga anda sebaiknya melakukan tune up ke bengkel.

Cara ke empat adalah mengenai pemakaian sepeda motor
Jangan suka menggeber-geber gas motor Anda atau dengan melakukan tarikan gas secara spontan karena akan semakin mempercepat keausan pada bagian rantai mesin, kopling, katup bahan bakar, piston dan stang piston juga. Terutama apabila Anda menggunakan motor dengan teknologi mesin 4 tak.

Jika Anda menggunakan motor dengan gigi manual, sebaiknya gunakan pemakaian gigi yang sesuai dengan kecepatan motor Anda. Untuk melewati jalanan yang menanjak, motor memerlukan tenaga yang lebih besar, maka anda harus mengurangi gigi motor dengan yang lebih sesuai.

Saat motor baru mulai berjalan, jangan memakai gigi 4 secara langsung, tapi anda harus memulai dengan menggunakan gigi 1. Hal ini berpengaruh pada bagian piston, stang piston, kopling dan rantai mesin 4 tak.

Cara ke lima, ketika memakai sepeda motor untuk perjalanan jauh
Ketika anda mau melakukan perjalanan jauh atau keluar kota dengan jarak 80 km atau lebih? Lebih baik anda ganti oli motor terlebih dahulu karena perjalanan yang jauh dan nonstop akan membuat suhu oli pada mesin menjadi lebih panas, dengan oli yang masih baru maka akan mengatasi keadaan seperti ini menjadi jauh lebih baik. Sedangkan untuk motor yang tidak menggunakan water cooler sebaiknya selalu berhenti sesaat pada sekitar kilometer 80 untuk mendinginkan mesin.

Cara ke enam, sepeda motor harus selalu bersih
Cucilah motor anda saat kotor akibat debu atau percikan lumpur dijalan sehabis hujan. Hal ini bertujuan agar rangka motor Anda lebih awet dan tidak cepat keropos.


Cara ke tujuh, Perlu pemanasan 5 menit mesin sebelum sepeda motor dipakai
Setelah motor tidak dipakai selama 8 jam atau lebih, atau biasanya pada malam hari motor tidak dipakai. Maka sebelum motor dipakai beraktifitas di pagi hari biasakan untuk memanaskan mesin terlebih dahuu. Mengapa mesin motor perlu dipanaskan terlebih dahulu? Motor yang cukup lama tidak digunakan maka olinya akan turun lagi dari bagian-bagian mesin yang rumit dan mengumpul kembali di bak oli.

Tujuan dari pemanasan mesin ini adalah agar oli kembali lagi mengaliri bagian-bagian mesin yang perlu untuk dilumasi. Terutama pada mesin motor jenis 4 tak, karena motor dengan jenis mesin yang satu ini cuma mengandalkan oli mesinnya saja.

Jangan memanaskan mesin motor terlalu lama, cukup sekitar 5 menit saja terutama untuk mesin yang tidak memiliki pendingin udara. Sebab jika mesin hidup cukup lama dan motor tidak berjalan, maka bagian mesin tidak akan memperoleh pendinginan yang cukup baik.

Pemanasan mesin seperti ini tidak perlu dilakukan untuk motor jenis 2 tak karena pada awal mesin motor dihidupkan, oli samping akan langsung melumasi bagian silinder mesin bersama dengan bahan bakar.

Demikianlah tujuh cara penting merawat mesin sepeda motor yang perlu anda ketahui dan anda terapkan pada kendaraan motor anda untuk menjaga kualitas mesin dan seluruh komponen motor anda sehingga pemakaiannya nyaman dan harga jual secondnya tetap tinggi.
Share:

1 komentar:

  1. Izin ya admin..:)
    Mainkan dan menangkan hadiah nya bersama kami di ARENADOMINO beragam permainan POKER menanti anda semua fair play silahkan di add WA +855 96 4967353

    ReplyDelete

Terbaru

Bupati Blora Minta Pemprov Jateng Tuntaskan Jalan Provinsi di Blora

BLORA – Disela-sela (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Blora Tahun 2025, Kamis (28/3 /24, Bupati Blor...

Total Pageviews

Popular Posts

Blog Archive

Komunitas

SELANJUTNYA »