Cara Menyesuaikan Diri di Sekolah Baru ~ MEDIAEDUKASIANDA

Cara Menyesuaikan Diri di Sekolah Baru


mediaedukasianda,- Dalam Artikel Ini Mengenal Sekolah Anda dalam Mempersiapkan Diri untuk Hari Pertama agar Melakukan yang Terbaik di Sekolah untuk Menjalin Pertemanan.

Sekolah bisa diibaratkan sebagai basis anak, tempat mereka belajar untuk meraih kesuksesan. Menyesuaikan diri di sekolah baru bisa menjadi pengalaman yang menegangkan dan menakutkan. Saat Anda pergi ke sekolah baru, Anda mungkin khawatir kalau-kalau Anda tidak mengenal siapa pun atau Anda tidak akan diterima di sana.

Anda cemas kalau-kalau Anda akan tersesat, atau mungkin saja guru Anda galak. Tetapi saat Anda mulai menyibukkan diri dengan tugas sekolah dan kegiatan ekstrakurikuler, Anda akan mendapati bahwa Anda telah menjalin pertemanan dan kehidupan mulai semakin mudah.

Mengenal sekolah Anda, mempersiapkan diri untuk menghadapi hari pertama dan mengetahui cara menjalin pertemanan dapat membuat proses transisi ini jauh lebih mudah.



Metode 1.Mengenal Sekolah Anda

1.Lakukan pengenalan mengelilingi sekolah. Sebelum hari pertama di sekolah dimulai, pergilah mengunjungi sekolah bersama orang tua Anda. Cari tahu di mana letak kelas Anda, begitu juga letak kantin, auditorium, aula olahraga dan tempat-tempat penting lainnya (termasuk kamar kecil!)[1]
Gambar berjudul Adjust to a New School Step 2

2.Temuilah guru-guru Anda. Menemui guru Anda sebelum sekolah dimulai juga akan membantu Anda menyesuaikan diri dengan lancar di lingkungan sekolah baru. Perkenalkan diri dan tersenyumlah. Bersikap ramah dengan guru akan membantu proses transisi Anda. Cari tahu fakta penting tentang mereka, seperti mata pelajaran yang mereka ajarkan, di mana mereka mengajar, nama mereka, dsb.
Gambar berjudul Adjust to a New School Step 3

3.Bacalah buku panduan sekolah. Mengetahui kebijakan sekolah jauh-jauh hari akan membantu mempermudah Anda menyesuaikan diri dengan budaya sekolah. Mintalah buku panduan dari sekolah atau unduhlah dari situs web sekolah. Bacalah buku itu bersama orang tua sehingga mereka dapat menjelaskan kebijakan yang terdengar membingungkan bagi Anda. Jika sekolah baru Anda tidak menerbitkan buku panduan, bacalah peraturan dan buku harian sekolah untuk membiasakan diri dengan apa yang diharapkan.
Buku panduan sekolah mungkin juga memuat fakta-fakta menarik tentang sekolah, dan Anda dapat menggunakan informasi ini untuk mengenal sejarah sekolah, murid-murid, dan guru-guru lebih jauh.

4.Pahami tahun kalender sekolah. Mengetahui jadwal liburan/hari libur akan berguna bagi Anda, begitu juga jadwal kegiatan belajar setengah hari dan hari-hari khusus seperti kegiatan lapangan dan karnaval. Tandai tanggal-tanggal khusus tersebut di kalender di kamar Anda. Informasi ini akan membantu Anda mengantisipasi kapan jadwal hari pendek di sekolah atau hari libur.

Metode 2.Mempersiapkan Diri untuk Hari Pertama

1.Lakukan uji coba untuk hari pertama sekolah Anda. Sebelum hari pertama dimulai, tidak ada salahnya melakukan uji coba sehingga Anda mengetahui berapa lama waktu yang diperlukan untuk berjalan kaki, bersepeda atau berkendara ke sekolah. Kemudian, cari tahu ke mana tepatnya Anda harus pergi untuk mata pelajaran pertama Anda.[2]

2.Persiapkan peralatan sekolah Anda. Mintalah daftar peralatan sekolah yang diperlukan dari sekolah atau dari situs web sekolah. Pergilah berbelanja untuk membeli peralatan sekolah dan pastikan semua peralatan itu siap untuk dibawa ke sekolah.[3]

3.Tidurlah yang nyenyak. Mulailah hari pertama di sekolah dengan tidur malam yang nyenyak. Istirahat yang baik akan membantu menangkis kegugupan yang mungkin Anda rasakan. Cobalah untuk tidur setidaknya 8 – 9 jam jika Anda berusia lebih dari 12 tahun, atau 10 – 11 jam jika Anda berusia antara 7 dan 11 tahun.[4]

4.Makanlah sarapan yang bergizi. Anda mungkin terlalu gugup untuk makan banyak, tetapi penting untuk memberi tubuh Anda sumber energi untuk bisa beraktivitas sampai waktu makan siang. Makanlah sesuatu yang berprotein, seperti roti panggang dengan selai kacang atau telur.

5.Siapkan seragam sekolah Anda. Siapkan seragam sekolah untuk hari pertama Anda malam sebelumnya. Dengan begitu Anda tidak terburu-buru mencari di mana celana atau sepatu Anda di pagi hari. Akan baik bagi Anda untuk memulai hari dengan tenang jika Anda dapat membayangkan diri Anda melangkah memasuki gerbang sekolah dengan mengenakan seragam yang tepat.

Jika Anda mengenakan seragam sekolah khusus, pastikan Anda pergi ke penjahit untuk membuatnya jauh-jauh hari dan pastikan ukurannya pas. Mengenakan pakaian yang berukuran pas akan membantu Anda merasa lebih baik tentang memulai sekolah di tempat yang baru.

6.Berangkatlah lebih awal ke sekolah. Pastikan Anda menyediakan banyak waktu di pagi hari untuk pergi ke sekolah. Anda pasti tidak akan suka jika harus berlari-lari ke kelas setelah bel berbunyi. Sampai di sekolah lebih awal juga dapat memberi Anda kesempatan untuk mengobrol dengan beberapa siswa lain dan siapa tahu Anda bisa mendapatkan teman baru.

7.Bicarakan kekhawatiran Anda dengan orang tua. Orang tua Anda sudah melalui banyak transisi dan pernah menjadi murid di sekolah baru. Tanyakan kepada mereka tentang perasaan mereka saat menjalin pertemanan dengan orang baru.
Jika Anda pindah ke kota yang baru, ingatlah bahwa orang tua Anda juga sedang melalui proses transisi dan perlu menyesuaikan diri dengan pekerjaan baru atau menjalin pertemanan dengan orang-orang baru. Anda juga bisa menanyakan kepada mereka bagaimana mereka melalui hari pertama mereka, dan mungkin bahkan memberi mereka beberapa petunjuk tentang menyesuaikan diri dengan situasi baru.[5]

Metode 3.Melakukan yang Terbaik di Sekolah

1.Pelajari peraturan sekolah. Setiap sekolah memiliki serangkaian peraturan tersendiri yang dibuat untuk membantu siswa agar tetap aman dan dapat belajar dengan baik. Sebagai contoh, Anda mungkin memerlukan kartu izin untuk pergi ke kamar kecil selama pelajaran berlangsung. Mempelajari peraturan sekolah akan membantu Anda menyesuaikan diri dan menjauhkan Anda dari masalah.

2.Lakukan apa yang dikatakan guru. Ketika Anda mulai bersekolah di sekolah yang baru, Anda harus mengikuti petunjuk guru dengan teliti. Anda tidak perlu bersikap seperti penjilat, tetapi memberikan kesan yang baik terhadap guru-guru Anda akan membawa keberhasilan bagi Anda dalam menyesuaikan diri secara positif di sekolah baru.

3.Kerjakan PR Anda dan cobalah untuk meraih prestasi yang baik di sekolah. Mengerjakan PR dan berusaha sungguh-sungguh untuk meraih prestasi yang baik di sekolah akan membantu proses penyesuaian diri Anda. Anda sudah mengalami stres yang cukup besar dengan harus menyesuaikan diri di sekolah baru, jadi Anda pasti tidak ingin bertambah stres dengan nilai-nilai yang buruk.

4.Pastikan Anda ditempatkan di tingkatan kelas yang tepat. Ketika Anda pindah ke sekolah baru, pendidikan Anda sejauh ini akan dievaluasi dan Anda akan di tempatkan di tingkatan kelas tertentu. Biasanya, ini berarti Anda akan ditempatkan di tingkatan kelas yang Anda harapkan (misalnya, jika Anda meninggalkan sekolah lama di kelas 4 dan Anda pindah setelah liburan kenaikan kelas, Anda akan mulai di kelas 5).[6]

Jika Anda di SMA, temuilah guru konseling sekolah untuk memastikan Anda memenuhi semua persyaratan dan ketentuan kelulusan.
Gambar berjudul Adjust to a New School Step 16

5.Ceritakan kepada orang tua tentang apa yang berjalan dengan baik di sekolah. Ketika Anda menyesuaikan diri dengan sekolah baru, Anda mungkin merasa kesepian atau malu. Tetapi setiap hari, banyak hal baik yang terjadi, bahkan jika itu cuma hal kecil. Menceritakan tentang hal ini kepada orang tua dapat membantu Anda menyadari bahwa Anda mulai terbiasa dengan sekolah baru Anda.
Hal-hal baik yang dimaksud meliputi: mendapat nilai bagus saat ulangan, mengucapkan salam kepada orang baru, mencetak gol dalam pelajaran olahraga, dan sebagainya.

Metode 4.Menjalin Pertemanan

1.Pelajari cara memperkenalkan diri. Memperkenalkan diri dan memulai percakapan dengan orang baru bisa menakutkan, apalagi jika Anda merasa malu. Namun, begitu Anda mencairkan suasana, bisa saja tahu-tahu Anda sudah dikelilingi sekelompok teman. Pilihlah seseorang untuk Anda ajak berkenalan. Tersenyumlah dan ucapkan salam. Bicarakan sesuatu yang berhubungan dengan sekolah, misalnya, “Kita mengikuti kelas bahasa Inggris yang sama,” atau “Kapan tugasnya dikumpulkan?”[7]
Latihlah percakapan Anda dengan mempraktikkannya bersama orang tua, kakak/adik atau bahkan hewan peliharaan Anda.

Anda juga dapat memikirkan cara lain untuk memulai percakapan, misalnya dengan memuji pakaian seseorang atau mengomentari buku catatan baru yang keren.
Gambar berjudul Adjust to a New School Step 18

2.Cobalah untuk berkenalan dengan orang baru sebelum sekolah dimulai. Berteman dengan satu atau dua teman baru sebelum sekolah dimulai akan sangat berguna karena Anda tidak akan merasa begitu sendirian saat pergi ke sekolah pada hari pertama. Pergilah ke taman bermain di lingkungan sekolah, atau bergabunglah dengan liburan perkemahan. Dengan begitu, Anda akan melihat wajah-wajah yang sudah Anda kenal di kelas saat sekolah dimulai.[8]

3.Ikut sertalah dalam kegiatan sekolah. Daftarkan diri Anda dalam kegiatan seperti drama, olah raga atau klub catur. Hal ini akan menempatkan Anda dalam kelompok yang lebih kecil dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama seperti Anda. Selain itu, Anda juga mendapat kesempatan untuk menunjukkan kebolehan Anda dalam olahraga tertentu atau kegiatan lainnya. Anda mungkin dapat mengajari anak-anak lain trik untuk melakukan sesuatu.[9]

4.Jadilah diri sendiri. Sungguh melelahkan jika Anda harus berpura-pura menjadi orang lain agar dapat diterima. Usahakan sebaik mungkin untuk menjadi diri sendiri. Jangan terlalu memusingkan pendapat orang lain tentang diri Anda.

5.Buatlah keputusan yang baik saat mencoba menjalin pertemanan. Di sekolah baru, Anda memiliki kesempatan untuk berteman dengan siapa saja. Anda mungkin tergoda untuk mencoba bergaul dengan anak-anak yang keren. Namun, sebaiknya Anda memfokuskan usaha untuk berteman dengan orang-orang yang membuat Anda nyaman bersama mereka. Ini membawa kita kembali kepada gagasan menjadi diri sendiri. Siapa orang-orang yang menikmati kebersamaan dengan Anda karena diri Anda yang sebenarnya? Siapa orang-orang yang memperlakukan Anda dengan rasa hormat?

6.Tetapkan tujuan untuk diri sendiri. Dengan menetapkan tujuan untuk diri sendiri setiap hari atau setiap minggu, Anda dapat melihat bagaimana Anda menyesuaikan diri dengan sekolah baru secara nyata. Misalnya, Anda dapat mengatakan, “Aku akan menghadiri satu pertemuan klub minggu ini,” sehingga pada saat Anda menghadiri pertemuan tersebut, Anda akan tahu bahwa Anda berusaha keras untuk menyesuaikan diri.
Contoh tujuan yang lain adalah mencoba menyapa 3 orang baru setiap hari.

7.Jagalah komunikasi dengan teman-teman lama Anda. Hanya karena Anda pindah ke sekolah baru, bukan berarti Anda tidak bisa mempertahankan teman lama dalam kehidupan Anda. Teleponlah teman lama Anda atau kirimi mereka surel.[10]

8.Memulai percakapan dengan teman sebangku adalah cara terbaik untuk mendapatkan teman.

9.Berbagi pengalaman Anda selama liburan bisa menjadi cara yang ampuh untuk membuat teman baru Anda merasa nyaman.

Tips
·         Kakak/adik dapat membantu saat Anda berusaha menyesuaikan diri di sekolah baru. Bicaralah dengan mereka tentang bagaimana mereka menyesuaikan diri dan masalah apa yang mereka hadapi. Bahkan melambaikan tangan kepada kakak/adik saat Anda melihat mereka selama jam sekolah dapat membantu mengingatkan bahwa Anda tidak sendirian.

·         Jika selama ini Anda bersekolah di rumah dan Anda memasuki sekolah baru untuk pertama kalinya, carilah artikel wikiHow tentang cara beralih dari bersekolah di rumah ke sekolah umum.

·         Bersabarlah dan pertahankan sikap positif. Menyesuaikan diri dengan sekolah baru membutuhkan waktu. Jika Anda masih mengalami kesulitan setelah 6 minggu, bicaralah dengan orang tua Anda atau buatlah janji dengan guru konseling.[11]

Referensi:
o   ↑ http://www.txu.com/residential/move-center/moving-tips/part-3-helping-child-adapt-to-new-school.aspx
o   ↑ http://www.greatschools.org/back-to-school/preparation/25-adjusting-to-new-school.gs
o   ↑ http://www.greatschools.org/back-to-school/preparation/25-adjusting-to-new-school.gs?page=all
o   ↑ http://www.webmd.com/parenting/guide/sleep-children
o   ↑ http://kidshealth.org/teen/your_mind/families/talk_to_parents.html
o   ↑ http://www.txu.com/residential/move-center/moving-tips/part-3-helping-child-adapt-to-new-school.aspx
o   ↑ http://teenshealth.org/teen/your_mind/problems/shy_tips.html
o   ↑ http://www.education.com/magazine/article/10-ways-child-adjust-school/
o   ↑ http://www.girlslife.com/post/2011/07/19/Starting-a-new-school-after-a-summer-move.aspx
o   ↑ http://www.gonannies.com/blog/2013/how-to-help-your-child-adjust-to-a-new-school
o   ↑ http://www.emaxhealth.com/1506/helping-your-child-adjust-new-school
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Terbaru

Bupati Blora Minta Pemprov Jateng Tuntaskan Jalan Provinsi di Blora

BLORA – Disela-sela (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Blora Tahun 2025, Kamis (28/3 /24, Bupati Blor...

Total Pageviews

Popular Posts

Blog Archive

Komunitas

SELANJUTNYA »