Contoh Karangan Siswa Tentang Liburan Sekolah ~ MEDIAEDUKASIANDA

Contoh Karangan Siswa Tentang Liburan Sekolah


mediaedukasianda,- Contoh karangan tentang liburan sekolah – Sepertinya, setiap tahun cukup banyak waktu liburan. Libur nasional, libur semester dan libur akhir tahun. Tentu saja, masa liburan itu menjadi sesuatu yang menyenangkan.
contoh karangan,liburan sekolah

Pada kesempatan liburan siswa dapat melakukan penyegaran setelah berjibaku menghadapi kegiatan dan tugas belajar di sekolah maupun di rumah. Namun demikian tidak semestinya masa liburan itu dibiarkan berlalu begitu saja.

Masa liburan tetap diisi dengan kegiatan belajar dan melakukan aktivitas bermanfaat. Menyalurkan hobi dan bakat masing-masing. Tentu saja tidak semua siswa pula yang pergi liburan ke tempat lain. Ada yang di rumah saja, membantu orangtua bekerja.

Nah, tentu saja guru di sekolah akan memberi tugas rumah membuat karangan tentang liburan itu. Bagaimana cara membuat karangan tentang liburan ini? Pastikan siswa telah membaca langkah-langkah membuat karangan tentang liburan.

Kali ini akan disajikan contoh sederhana karangan tentang pengalaman liburan sekolah.

"Pengalaman Liburan di Rumah Nenek"

Liburan kali ini sangat berkesan bagiku. Aku diajak ayah berlibur ke rumah nenek di sebuah desa di Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Sebenarnya sudah lama aku tidak berkunjung ke desa nenek. Maka kesempatan berlibur ke rumah nenek sangat menggembirakan hatiku.


Pukul delapan pagi aku berangkat bersama ayah. Ayah mengendarai motor dan aku membonceng di belakang. Setelah menempuh sekian puluh kilometer, akhirnya kami sampai di rumah nenek.

Keesokan harinya, aku diajak keponakan ayah untuk pergi ke sawah nenek. Kebetulan hari itu nenek lagi panen padi. Sawah nenek tidak jauh dari rumah. Beberapa menit saja aku sudah sampai di lokasi sawah nenek. Banyak orang sedang memanen padi di sawah nenek. Ada yang menyabit padi. Ada pula yang merontokkan butir padi dengan alat perontok padi. 

Hari ketiga, aku diajak ayah ke rumah teman lamanya di pinggiran Danau Singkarak. Rumah teman ayah berada di pinggiran danau sehingga dengan leluasa dapat menyaksikan keindahan danau Singkarak. Danau terbesar kedua di Pulau Sumatera setelah Danau Toba di Sumatera Utara.

Hari-hari berikutnya aku lalui dengan menyenangkan. Ikut bergabung bermain bersama teman di desa itu. Ternyata mereka sangat ramah dan suka bergaul. Aku merasa seakan-akan sudah lama bergaul dengan mereka. 

Hari terakhir, aku merasa enggan meninggalkan desa nenek. Desa yang subur, penduduknya yang ramah dan suka bergotong-royong. Rasanya aku ingin terus berada di desa nenek tetapi itu tidak mungkin. Sore hari aku pulang kembali ke rumah bersama ayah.

Seminggu penuh aku berada di rumah nenek menjalani masa libur. Pengalaman yang sangat menyenangkan. Jika ada kesempatan liburan sekolah pada masa berikutnya, aku meminta pada ayah agar kembali berlibur di rumah nenek.

Itulah contoh karangan sederhana tentang pengalaman liburan sekolah. Siswa dapat mengubah karangan tersebut sesuai nama tempat dan kondisi pengalaman siswa. Mudah-mudahan bermanfaat bagi siswa.
Semoga bermanfaat ya.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Terbaru

Bupati Blora Minta Pemprov Jateng Tuntaskan Jalan Provinsi di Blora

BLORA – Disela-sela (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Blora Tahun 2025, Kamis (28/3 /24, Bupati Blor...

Total Pageviews

Popular Posts

Blog Archive

Komunitas

SELANJUTNYA »