Memilih Sekolah Yang Tepat Untuk Taman Kanak-kanak & Playgroup ~ MEDIAEDUKASIANDA

Memilih Sekolah Yang Tepat Untuk Taman Kanak-kanak & Playgroup

mediaedukasianda,- Bingung pilih sekolah untuk si kecil yang baru pertama kali akan mengikuti aktivitas pendidikan di luar rumah? Apa saja kriteria dan hal–hal yang perlu diperhatikan dan menjadi pertimbangan? Berikut hal-hal yang menjadi pertimbangan saya saat memilih taman kanak-kanak untuk putri saya :


·    Anak balita cenderung masih sering memasukkan tangan atau benda ke mulut maka pilihlah sekolah yang mengutamakan kebersihan terutama di dalam kelas. Perhatikan ruang kelas apakah bersih dari debu atau tidak, sebaiknya tidak ada barang-barang tidak terpakai yang menumpuk, apakah tirai/gordyn bersih.

Minta izin untuk melihat sekeliling sekolah dan ruang kelas saat survey. Sekolah yang tidak mengizinkan mengenakan sepatu dalam kelas biasanya mengutamakan kebersihan. Perhatikan juga kebersihan toiletnya, toilet yang kotor dan jorok dikhawatirkan dapat menularkan berbagai macam penyakit ke anak.

·      Usahakan survey saat masuk sekolah /  bukan saat libur agar kita bisa memperhatikan bagaimana sikap guru – guru menghadapi siswa-siswi disana. Sikap guru yang benar-benar care dengan anak-anak maupun yang tidak bisa terlihat saat itu, perhatikan tutur kata dan intonasi dengan anak-anak saat berbicara, apabila ada bentakan atau makian sebaiknya coret dari daftar pilihan anda.

·  Tanyakan semua masalah administrasi dan pembayaran dengan detil. Ada sekolah yang membebankan segala biaya kegiatan setahun di muka atau saat pendaftaran sehingga biaya masuk terkesan mahal, ada pula sekolah yang tidak menjelaskan nilai uang kegiatan dan tidak membebankan di saat pendaftaran.

Namun kita perlu hati-hati untuk sekolah yang tidak membebankannya di saat pendaftaran karena biaya yang akan keluar nanti bisa tak terduga walaupun biaya masuk menjadi jauh lebih murah.

Tanyakan kemungkinan biaya tambahan apa yang akan muncul dalam setahun sehingga kita dapat mempersiapkan dan menyisihkan dananya sejak awal. Jangan lupa… pilih juga yang sesuai budget kita, perlu diingat bahwa “Menyekolahkan anak adalah Investasi” .

·         Pilih sekolah yang jumlah siswa dalam kelasnya tidak terlalu banyak. Untuk kelas Play Group biasanya maksimum 15 anak dengan 1 guru utama dan 2 guru pendamping. TK A maksimum 15 anak dengan 1 guru utama dan 1 guru pendamping. TK B biasanya maksimum 10 orang dengan 1 guru utama dan 1 guru pendamping.

·     Jarak tempuh dari rumah ke sekolah sebaiknya jangan terlalu jauh. Jangan sampai perjalanan yang terlalu jauh membuat anak kelelahan.

·      Perhatikan keamanan lingkungan sekolah, sebaiknya anak-anak tidak punya akses langsung keluar pagar atau pagar harus selalu tertutup, lihat bagaimana kebiasaan disekolah tersebut.

·      Dengan maraknya kasus pelecehan seksual pada anak seperti di JIS belakangan ini, tanyakan pula bagaimana tindakan pihak sekolah dalam mencegah hal tersebut terjadi, lihat tindakan konkritnya. Menurut saya Poin ini sangat penting.

·     Ajak anak untuk ikut serta pada saat survey sekolah. Usahakan ketika mood anak sedang baik/ tidak sedang sedih atau kesal. Lihat reaksi anak saat berkeliling sekolah, area yang bersih dan nyaman, suasana tempat bermain yang menyenangkan dan guru yang menyambut dengan ramah dan tulus akan membuat anak kita antusias dan tidak mau pulang.

Mendapatkan sekolah yang sempurna sesuai dengan keinginan dan budget kita memang sulit. Sering kali kita malah terbentur dengan budget. Saran saya rencanakan budget pendidikan anak anda sejak anak lahir.

Bergabunglah dengan asuransi pendidikan karena dengan begitu kita akan dipaksa menabung. Jangan sampai menyesal dikemudian hari saat kita menemukan sekolah yang sesuai tapi budget jauh dari cukup.

Semoga sharing saya ini bisa membantu ya moms… ^_^
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Terbaru

Bupati Blora Minta Pemprov Jateng Tuntaskan Jalan Provinsi di Blora

BLORA – Disela-sela (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Blora Tahun 2025, Kamis (28/3 /24, Bupati Blor...

Total Pageviews

Popular Posts

Blog Archive

Komunitas

SELANJUTNYA »