Manfaat Buah Kesemek Untuk Anda Diketahui ~ MEDIAEDUKASIANDA

Manfaat Buah Kesemek Untuk Anda Diketahui


mediaedukasianda,- Tahukah Anda? Bahwa buah kesemek mempunyai manfaat dan kandungan nutrisinya yang sangat baik untuk kesehatan. Buah berwarna orange kecoklatan ini memiliki nama ilmiah Diospyros kaki.  Buah telah lama dikenal dan banyak dibudidayakan di Negara Jepang. Buah kesemek sangat nikmat bila dikonsumsi dalam keadaan segar, kering, atau dimasak.

Di daerah tertentu di Indonesia, buah kesemek disebut dengan buah genit  karena kulit buah kesemek berwarna putih seperti buah yang diberi bedak. Warna putih yang menempel pada kulit buah kesemek ini adalah serbuk putih. Bentuknya yang mirip seperti apel menjadikan buah kesemek ini diberi nama apel jawa.

Kandungan nutrisi dan manfaat buah kesemek untuk kesehatan
Manfaat buah kesemek memang cukup banyak. Buah kesemek sendiri mempunyai kandungan  nutrisi yang sangat berkhasiat untuk tubuh. Bahkan bila kandungan nutrisi buah buah kesemek ini sama seperti manfaat buah apel. Buah kesemek mengandung serat yang tinggi. Kandungan seratnya dua kali lebih banyak daripada buah apel. Selain rasanya yang manis, buah kesemek kaya akan manfaat. Manfaat dari mengkonsumsi buah kesemek dapat dirasakan oleh tubuh.

Jika Anda mengkonsumsi buah kesemek benar-benar matang akan mendapatkan rasa yang manis dan lembut. Buah ini kaya akan mineral penting, seperti fosfor dan kalsium, juga mengandung banyak vitamin, termasuk vitamin A dan C. Agar lebih jelas tentang kandungan di dalam buah kesemek, simak penjelasan berikut.

Bagaimana Nilai Gizi dan Kandungan Buah Kesemek?
Manfaat buah kesemek yang baik untuk kesehatan, tentunya tidak terlepas dari kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya. Dalam 100 gram buah kesemek mengandung beberapa gizi serta nutrisi yang disajikan dalam tabel berikut:

Prinsip           Nilai Gizi        Persentase RDA
Energi            70 Kkal           3,5%
Karbohidrat   18,59 g           14%
Protein           0,58 g             1%
Lemak total    0.19g               1%
Kolesterol        0 g                  0%
Serat makanan   3,6 g           9,5%

Vitamin                    
Kolin                   7,6 mg          1,5%
Folat                      8 mcg         2%
Niasin            0.100 mg        1%
Piridoksin             0.100 mg   7,5%
Riboflavin      0,020 mg        1,5%
Thiamin         0,030 mg        2,5%
Vitamin C      7,5 mg            12,5%
Vitamin A       81 IU              3%
Vitamin E       0,73 mg          5%
Vitamin K       2,6 mcg          2%

Elektrolit                
Sodium          1 mg   0%
Kalium           161 mg           2,5%

Mineral                   
Kalsium         8 mg   0,8%
Tembaga       0.113 mg        12,5%
Besi                0,15 mg          2%
Magnesium   9 mg              2%
Mangan         0,355 mg        15%
Fosfor            17 mg            4,5%
Seng             0,11 mg             1%

Nutrisi Nabati                   
Karoten-a      0 mcg             -
Carotene-ß    253 mcg         -
Crypto-xanthin-ß      1447 mcg       -
Lutein-zeaxanthin   834 mcg         -
Likopen          159 mcg         -
(Sumber: USDA National Nutrient data base)

Berikut Manfaat Buah Kesemek. sebagai berikut:

1. Membantu Menurunkan Berat Badan
Buah kesemek ternyata hanya memiliki lemak total sebesar 0,19 gram, itu berarti bahwa buah ini hampir tidak megandung lemak di dalamnya. itulah sebabnya mengapa buah ini dapet bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Selain itu, buah ini juga dapat dijadikan sebagai cemilan sehat yang tidak membuat badan menjadi gemuk.

2. Sumber Phytochemicals
Manfaat buah kesemek selanjutnya adalah mampu mencegah inflamasi dan infeksi berbahaya. Hal tersebut dikarenakan buah ini banyak mengandung Phytochemicals yang berfungsi sebagai agen anti-inflamasi dan anti-infektif yang baik.

3. Anti-Haemorrhoid Alami
Buah kesemek diketahui memiliki sifat anti-hemoragik yang mampu mengatasi penyakit ambeien atau wasir, Tidak heran jika telah digunakan dalam mengendalikan pendarahan yang berlebihan dari luka sejak dahulu kala.

4. Menyehatkan Sistem Pencernaan
Buah kesemek yang memiliki serat sebesar 3,6 gram, maka dengan mengonsumsi buah ini secara teratur dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan. Selain itu, kesemek juga mengandung tanin yang mampu mengatasi diare. Oleh karena itu, buah ini sangat baik dikonsumsi bagi Anda yang memiliki masalah dengan sistem pencernaan.

5. Baik Untuk Penderita Diabetes
Bagi penderita diabetes, pasti sering merasa cepat lapar, sehingga buah ini dapat dijadikan sebagai alternatif kudapan untuk menunda lapar. Hal tersebut dikarenakan kesemek mengandung banyak serat dan juga dipercaya mampu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Baca juga: 25 Buah untuk Diabetes yang Disarankan Para Ahli.

6. Bagus Untuk Hipertensi
Kandungan sodium yang tinggi dalam makanan dapat memicu timbulnya hipertensi atau darah tinggi. Buah kesemek memiliki 1 mg atau 0% sodium di dalamnya. Itulah sebabnya mengapa buah kesemek baik dikonsumsi bagi penderita hipertensi. Baca juga: 11 Buah Penurun Darah Tinggi (Hipertensi)

7. Membantu Menjaga Daya Tahan Tubuh
Buah kesemek memiliki kandungan vitamin C yang banyak baik, yaitu sekitar 7,5 mg. Apabila dikonsumsi secara teratur, makan manfaat buah kesemek dapat membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan demikian, buah ini bertindak sebagai perisai terhadap flu, infeksi paru-paru, dan asma.

8. Membantu Melawan Kanker
Buah kesemek mengandung antioksidan yang tinggi, maka buah ini dapat membantu menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel dan memicu penyakit kanker. Tidak hanya itu, buah ini juga mampu melawan penyakit kanker karena memiliki banyak kandungan vitamin A.

9. Meningkatkan dan Memperbaiki Penglihatan
Manfaat buah kesemek lainnya yaitu meningkatkan dan memperbaiki penglihatan. Hal tersebut dikarenakan, buah kesemek banyak mengandung vitamin A atau sekitar 81 IU per 100 gram. Jadi, bagi Anda yang memiliki masalah gangguan penglihatan, segera mengonsumsi buah kesemek agar terhindar dari masalah tersebut.

10. Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah
Manfaat buah kesemek juga dapat dirasakan bagi penderita anemia. Hal tersebut dikarenakan dalam buah kesemek terdapat kandungan tembaga yang berfungsi untuk membantu penyerapan zat besi yang tepat, sehingga pada gilirannya dapat membantu dalam produksi sel darah merah.
 
11. Obat Alami Masalah Cegukan
Cegukan adalah kontraksi yang tidak sengaja terjadi pada diafragma dan biasanya muncul secara tiba-tiba dan berulang. Pasti Anda pernah mengalami cegukan, kan? Praktisi medis China meyakini bahwa buah kesemek dapat mengatasi masalah cegukan.

12. Menjaga Fungsi Hati
Kesemek kaya akan antioksidan sehingga mampu menangkal radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh kita. Antioksidan juga mampu mengurangi efek bahan beracun dan mencegah kerusakan sel. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi buah kesemek dapat membantu menjaga dan menyehatkan hati Anda.

13. Mengurangi Retensi Air
Kesemek memiliki efek diuretik, sehingga bermanfaat untuk menghentikan retensi air sekaligus meningkatkan jumlah urin yang keluar melalui ginjal. Selain itu kandungan kalium di dalamnya mampu memastikan tidak ada mineral penting yang hilang saat buang air kecil.

14. Meningkatkan Stamina dan Energi
Mengonsumsi segelas jus kesemek dapat meningkatkan stamina dan energi untuk melakukan aktivitas keseharian Anda. hal tersebut merupakan pilihan yang tepat agar terhindar dari stress dan kelelahan.

15. Mencegah Penyakit Menular
Buah kesemek adalah sumber fitokimia, antioksidan, polifenol, dan katekin. Zat-zat tersebut memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga mencegah serangan penyakit menular. Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk menikmati buah ini, yaitu dengan memakannya secara langsung atau menjadikannya jus. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membuat jus kesemek yang baik untuk kesehatan.

16. Mengatasi Hipertensi
Manfaat kesemek dapat dirasakan oleh tubuh hanya dengan mengkonsumsi langsung buah kesemek. Selain dapat dikonsumsi secara langsung, buah kesemek juga dapat diolah menjadi jus segar. Minumlah jus buah kesemek setiap hari maka penyakit hipertensi yang diderita akan berangsur-angsur membaik.


Cara pengolahan buah kesemek lainnya yang dapat dijadikan sebagai obat adalah dengan cara dikeringkan. Buah kesemek yang telah dikeringkan dapat anda jadikan ramuan untuk dapat di minum.

Cara pembuatannya juga sangat mudah :
1.  Siapkan dua buah potong buah kesemek yang sudah dikeringkan
2.  Masukkan ke dalam panci lalu beri air dan kukus hingga matang
3, Haluskan buah kesemek yang sudah dikukus dan haluskan
4.  Tambahkan madu murni sebanyak 1 sendok lalu campurkan dan minum

Ramuan tradisional yang terbuat dari buah kesemek halus ini cukup efektif untuk menyembuhkan batuk berdahak dan asma.

17. Mengobati Sakit Perut
Untuk menghilangkan sakit perut, anda bisa meredakannya dengan mengkonsumsi satu buah kesemek segar. Rasa nyeri dan panas pada perut pun akan hilang dengan sendirinya. Ada juga ramuan obat tradisional lainnya yang terbuat dari buah kesemek kering, yaitu ramuan tradisional untuk menyembuhkan diare atau disentri. Cara membuatnya :

1. Rebus 2 potong buah kesemek kering
2. Aduk hingga menjadi bubur
3. Lalu campur dengan perasan jeruk nipis dan beras ketan
4. Konsumsi ramuan obat dari kesemek kering tersebut sehari 3 kali

Bagaimana Cara Membuat Jus Kesemek?

Cara membuat jus kesemek sangat mudah dan sederhana, yuk! kita simak caranya berikut ini:

1.   Ambil 2-3 buah kesemek yang segar. Cuci buah tersebut hingga bersih di bawah air yang mengalir. Ambil handuk bersih atau kertas tisu, lalu keringkan dengan menepuknya secara perlahan.

2.      Kemudian, potong buah kesemek menjadi dua bagian dengan bantuan pisau. Setelah itu, buang bijinya dengan menggunakan sendok kecil. Jika Anda mau, Anda juga bisa mengupas kulitnya sebelum memotong dan membuat jus.

3.   Sekarang, letakkan potongan kesemek dalam blender. Tambahkan setengah gelas air ke dalamnya. Kemudian diblender hingga jus mengental.

4.      Jus kesemek segar dan bergizi Anda sudah siap.

Nah sekarang Anda sudah tau kan? manfaat buah kesemek yang baik bagi tubuh Anda. Mulai sekarang, saatnya Anda mengonsumsinya secara rutin agar efeknya dapat segera dirasakan oleh tubuh.
Source: funveryfresh.blog
Share:

2 komentar:

  1. Promo www.Fanspoker.com :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete

  2. Izin ya admin..:)
    Suntuk di rumah yuk gabung dan menangkan permainan kartu bersama kami hanya di ARENADOMINO 8 game kami sediakan untuk kalian semua so tunggu ap lagi yukk... WA +855 96 4967353

    ReplyDelete

Terbaru

Bupati Blora Minta Pemprov Jateng Tuntaskan Jalan Provinsi di Blora

BLORA – Disela-sela (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Blora Tahun 2025, Kamis (28/3 /24, Bupati Blor...

Total Pageviews

Popular Posts

Blog Archive

Komunitas

SELANJUTNYA »