Masuk SMA atau SMK Baru ? Ini Persiapan Penting Untuk Anda ~ MEDIAEDUKASIANDA

Masuk SMA atau SMK Baru ? Ini Persiapan Penting Untuk Anda


mediaedukasianda,- Bagi Anda yang sudah lulus SMP dan tengah mempersiapkan diri masuk ke SMA atau SMK pastinya sudah deg-degan dan membayangkan saat bersekolah nanti.

Pasti perlu adaptasi dengan lingkungan sekolah dan pertemanan yang baru. Apalagi, pastinya Anda akan masuk ke dalam kelas yang sudah dibagi atas beberapa program, seperti kelas IPS, IPA, dan Bahasa.

Quipperian tak perlu khawatir. Untuk menenangkan pikiran dan hati Anda sebelum masuk SMA atau SMK favorit kamu, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar Anda jadi siswa terkece di sekolah barumu.

1.Persiapkan Semua Berkas untuk Daftar Ulang
Hal pertama dan utama saat Anda diterima di SMA atau SMK pilihan Anda ialah melakukan daftar ulang. Untuk itu, Anda perlu menyiapkan serangkaian data diri dan dokumen penting Anda agar proses pendaftaran ulang dapat Anda lalui dengan lancar.

Untuk itu, Anda harus sering mengingatkan orang tua Anda untuk mempersiapkan dokumen penting untuk daftar ulang. Pastinya, semua dokumen itu disimpan rapi oleh orang tua Anda sehingga ketika Anda membutuhkannya Anda perlu menanyakannya.

Selain itu, ada beberapa dokumen yang harus Anda siapkan jauh-jauh hari, seperti pas foto ataupun fotokopi dokumen. Hal itu perlu dilakukan agar ketika Anda akan mengurus pendaftaran ulang, Anda tidak perlu repot mencetak atau memfotokopi di tempat pendaftaran.

2.Berkenalan Sebanyak-Banyaknya
Ketika Anda baru masuk SMA atau tengah menjalankan masa orientasi siswa (MOS) pasti merasa canggung karena berada di lingkungan baru. Secara naluriah, Anda akan mencari teman SMP Anda untuk minta ditemani. Hal itu wajar, karena Anda belum mengenal seluruh teman baru Anda yang ada di sekolah, khususnya di dalam kelas.

Bila Anda satu-satunya alumni SMP Anda yang masuk ke SMA atau SMK tersebut, jangan khawatir dan jangan takut. Anda cukup membangun kepercayaan diri Anda untuk memulai pertemanan dengan teman baru.

Menambah pertemanan itu penting untuk membantu Anda selama masa SMA. Sebab, dengan memiliki banyak teman di SMA Anda akan sangat terbantukan banyak hal, mulai dari belajar hingga kegiatan ekstrakulikuler (ekskul). Kalau perlu, satu sekolah bisa menjadi teman kamu.

Keuntungan lain memiliki banyak teman ialah Anda akan lebih cepat beradaptasi di sekolah baru karena teman-teman Anda akan membuat Anda betah belajar di sana. Selain itu, Anda bisa mendapatkan informasi-informasi terbaru mengenai apapun bila Anda punya banyak kenalan.


Dapat menarik perhatian saat berkenalan, usahakan Anda memberikan impresi baik terhadap teman barumu. Sapalah lebih dahulu dengan senyuman sebelum dia menyapa kamu. Setelah berkenalan nama, mulailah perbincangan dengan menanyakan asal sekolah SMP-nya bila Anda bingung mau membicarakan apa.

Setelah mulai akrab berbincang, coba ajak teman baru mu itu untuk berkenalan dengan teman-teman lainnya. Sehingga Anda bisa memiliki teman untuk menemani Anda berkenalan dengan yang lainnya.

3.Pahami Kurikulum yang Diaplikasikan Pada Sekolah Barumu
Ada kalanya, kurikulum antar SMA memiliki beberapa perbedaan yang pastinya mengacu kepada sistem pembelajarannya. Perbedaan itu terdapat pada acuan sistem pembelajaran guru-guru yang berkaitan dengan cara guru-guru di sekolah itu mengajarkan berbagai macam pelajaran pada Anda nantinya.

Pengetahuan sistem pengajaran guru itu penting agar Anda tidak kaget bila ternyata sekolah Anda menerapkan sistem pengajaran mandiri atau siswa dituntut untuk aktif mencari ketimbang menunggu dari guru. Bila Anda sudah paham sistem pengajarannya, Anda bisa mengetahui cara belajar yang tepat di sekolah tersebut.

Selain itu, pemahaman akan kurikulum yang diusung sekolah Anda akan sangat berguna bagi Anda untuk mengetahui sistem penilaian gurunya. Sebab, sistem penilaian ini penting untuk Anda mengatur strategi belajar agar prestasi belajar Anda dapat meningkat.

Kurikulum itu juga berkaitan dengan buku pelajaran apa yang akan Anda gunakan nantinya. Anda jangan membeli buku pelajaran sebelum Anda tahu kurikulum apa yang digunakan sekolah Anda dalam proses belajarnya. Bila Anda membeli buku tanpa mengerti kurikulumnya maka Anda akan rugi besar, khususnya secara finansial.

Biasanya, sebelum Anda masuk atau pas MOS, ada sedikit informasi dari gurunya mengenai kurikulum yang digunakan di sekolah baru kamu. Saat ada pemberitahuan informasi itu, Anda harus aktif bertanya agar Anda paham mekanisme kurikulumnya.

4.Cari Ekskul yang Cocok Sama Kamu
Di sekolah baru Anda pasti ada banyak ekskul yang bisa Anda pilih. Untuk dapat menjadi siswa kece di sekolah, Anda harus ikut ekskul. Karena, ekskul akan memberikan banyak manfaat positif bagi kamu.

Untuk itu, Anda harus mencari ekskul yang tepat dan sesuai untuk menunjang impian Anda ke depannya. Informasi yang harus Anda tahu ialah sistem perekrutannya, rangkaian kegiatannya, siapa saja yang telah menjadi anggotanya, hingga prestasinya selama ini. Dengan mengetahui informasi itu, Anda bisa memilih ekskul yang sesuai dengan minat dan bakat kamu.


Sebagai siswa baru, mengikuti ekskul dapat sangat bermanfaat buat kamu. Pertama, Anda akan lebih cepat mengenal lingkungan sekolah dan sekitarnya. Sebab, Anda bisa bertanya-tanya dengan kakak kelas Anda yang tergabung dalam ekskul tersebut.

Kedua, Anda akan merasa lebih aman selama di sekolah. Karena, ada teman-teman ekskul Anda yang akan membantu Anda bila terjadi apa-apa di sekolah. Untuk itu, Anda harus benar-benar dikenal oleh kakak kelas pengurus ekskul dan teman-teman lainnya.

Dan, ketiga, Anda bisa mengetahui informasi tambahan mengenai sekolah Anda dari kakak kelas. Informasi itu seperti bagaimana metode pengajaran suatu guru atau guru mana saja yang sangat suka memberikan tugas pekerjaan rumah. Informasi itu akan sangat membantu Anda ketika guru tersebut ternyata mengajar di kelas kamu.

5.Akrabkan Diri Pedagang Kantin dan Penjaga Sekolah
Saat Anda masuk ke sekolah baru, usahakan Anda mengakrabkan diri dengan penjaga sekolah dan penjual makanan dan minuman yang ada di kantin sekolah kamu. Karena, keduanya itu biasanya dapat menjadi acuan informasi tambahan mengenai segala hal yang ada di sekolah kamu.

Anda jangan sungkan untuk menyapa mereka karena mereka akan senang hati membalas sapaan kamu. Biasakan bersikap sopan pada mereka karena kalau Anda tak sopan, maka mereka tidak akan mau berbicara dengan kalian. Selain itu, biasanya penjaga sekolah dan petugas kantin itu usianya jauh lebih tua dari kamu. Jadi, jangan sampai Anda kurang ajar sama mereka, bisa kualat nanti!

Setelah akrab, Anda akan mudah mendapat informasi mengenai segala rahasia mengenai sekolah kamu. Ketika ada pengumuman ujian, biasanya penjaga sekolah sedikit mengetahuinya, sehingga Anda bisa mendapat informasinya lebih dahulu ketimbang teman-teman Anda lainnya.

Selain itu, dengan akrabnya Anda dengan penjaga sekolah dan petugas kantin, pastinya akan membuat Anda lebih aman selama berada di sekolah. Bila terjadi apa-apa, Anda tahu harus mencari siapa dan pastinya Anda akan langsung ditolong.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar Anda siap menjadi siswa baru di SMA atau SMK favorit kamu. Hal paling penting harus Anda tanamkan dalam diri Anda setelam SMA ialah Anda harus lebih bersikap dewasa dari masa Anda saat SMP. Usahakan segala sesuatunya sudah lebih mandiri dan tidak terlalu merepotkan kedua orang tua kamu.
Source: quipper.com - Muhammad Khairil
Share:

1 komentar:

  1. Promo www.Fanspoker.com :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete

Terbaru

Bupati Blora Minta Pemprov Jateng Tuntaskan Jalan Provinsi di Blora

BLORA – Disela-sela (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Blora Tahun 2025, Kamis (28/3 /24, Bupati Blor...

Total Pageviews

Popular Posts

Blog Archive

Komunitas

SELANJUTNYA »