Mengisi Libur Anda Lebaran 2019 Tanpa Pulang Kampung ~ MEDIAEDUKASIANDA

Mengisi Libur Anda Lebaran 2019 Tanpa Pulang Kampung


mediaedukasianda,- Berdasarkan penanggalan Masehi masa libur lebaran 2019 nanti akan jatuh pada awal Juni. Sudah punya rencana bagaimana mengisi libur lebaran nanti?

Kenapa saya begitu cepat membahas soal mudik lebaran 2019 ini? Itu karena tanpa sengaja saya melihat tanggal merah pada bulan Juni saat membolak-balik kalendar meja siang tadi. Niatnya sih mencari tanggal terjepit atau tanggal merah yang bisa saya manfaatkan untuk liburan.

Akhirnya ketemu 05 – 06 Juni 2019, tanggal segitu jatuh pada hari Rabu – Kamis. Kalau ijin pada hari Jumat, kan lumayan bisa jalan selama 5 hari. Kalau mau lebih lama, bisa ijin dari Senin jadinya ijin 3 hari bisa jalan 8 hari. Lumayan banget kan?

Sayangnya, pas ngecek ternyata tanggal itu Hari Raya Idul Fitri 1440 H. Kok sayang? Iya, karena itu berarti lagi musim mudik. Liburan pada musim mudik lebaran 2019 ini rasanya tak bijak. Pasti akan menguras isi dompet sangat dalam gara-gara kenaikan harga tiket penerbangan domestik yang gila-gilaa. Apalagi pas musim mudik lebaran. Hari biasa saja harga tiket ke Papua atau Ambon yang ada dalam whist list liburan sudah jadi sangat mahal.

Ngomong-ngomong soal mudik lebaran, saya sebenarnya tak mengenal istilah mudik. Soalnya, saya lahir dan besar di Makassar. Ibu dan keluarga besar juga adanya di Makassar. Jadi, tak perlu pulang kampung setiap lebaran. Enak kan? Iya. Tidak enaknya adalah tak bisa ikut nimbrung kalau teman-teman bahas serunya mudik ketemu keluarga pas lebaran 😀

Tradisi Mudik Lebaran di Indonesia
Mudik yang kini diartikan sebagai pulang kampung ternyata sudah mengalami pergeseran makna. Konon, asal kata mudik itu dari bahasa Jawa Ngoko yaitu kata ‘mulih‘ dan ‘dilik‘ yang berarti pulang sebentar. Tradisi ini katanya sudah ada sejak jaman yang lampau banget yaitu jaman Kerajaan Majapahit. Dulunya, orang-orang mulih dilik alias pulang sebentar ke rumah untuk melakukan ziarah dan membersihkan kuburan leluhur mereka.

Entah siapa yang mulai menyingkatnya menjadi mudik, istilah mudik ini kemudian mulai populer pada awal 1970an. Saat itu situasi politik dan keamanan di Indonesia sudah mulai stabil. Jakarta sebagai ibukota negara mulai dibanjiri pendatang dari mana-mana.

Sebagai ibu kota negara, Jakarta menjadi satu-satunya kota di Indonesia yang mengalami perkembangan pesat pada saat itu . Perkembangan Jakarta melesat dengan berbagai kemajuannya dibandingkan kota-kota lain di Tanah Air. Hal itulah yang mendorong orang-orang dari pelosok Indonesia untuk berdatangan mencari peruntungan di tanah Betawi itu.

Seiring pembangunan, kota-kota pun bertumbuhan di luar Jakarta dan Jawa. Semakin banyak orang yang kemudian merantau ke kota mencari kerja. Para perantau inilah yang kemudian memanfaatkan momen libur lebaran untuk kembali ke kampung untuk berkumpul bersama keluarga.

Jadilah istilah mudik populer dan dikaitkan dengan lebaran padahal awalnya sih tidak. Orang – orang pun kini memahami kalau mudik itu berarti kembali ke udik atau pulang kampung.

Oh iya, kebiasaan mudik lebaran ini katanya hanya ada di Indonesia. Jarang sekali ditemukan di negara-negara lain meski mayoritas penduduknya juga beragama Islam.

Nah, saya kan tidak mudik. Apa dong yang akan saya lakukan agar tetap bisa menikmati momen mudik lebaran 2019 nanti?

Cara Mengisi Libur Lebaran 2019 Bagi Kamu Yang Tidak Pulang Kampung
Ada beberapa hal yang biasanya saya lakukan untuk mengisi momen liburan lebaran yang biasanya lumayan panjang.  Beberapa ide ini juga bisa  Anda terapkan kalau tak bisa mudik lebaran karena tak punya kampung seperti saya, atau tak punya cukup uang untuk beli tiket pesawat.

1.Silaturrahim
Yup. Tentu saja silaturrahim ini hal pertama dan wajib pada momen lebaran. Berhubung karena Ibu saya adalah anak pertama, keluarga dekat seperti om dan tante, beserta anak-anak mereka yang merupakan sepupu saya akan berkumpul di rumah. Apalagi kakek dan nenek lebih sering memilih berlebaran di Makassar. Selain keluarga dekat, saya juga biasanya mengunjungi teman-teman lama yang karena kesibukan masing-masing jadi jarang bersua atau bertukar kabar.

Bagi keluarga atau teman yang tak sempat berkunjung langsung, biasanya melalui video call untuk bermaaf-maafan. Thanks to kemajuan jaman yang memungkinkan kita melakukannya.

2.Me Time
Momen libur lebaran bisa kamu manfaatkan untuk memanjakan diri sendiri. Lakukan kegiatan yang tak bisa kamu lakukan pada hari lain karena kesibukan kerja. Ada banyak hal yang bisa jadi pilihan misalnya dengan menonton film secara maraton atau membaca sebanyak mungkin buku. Menikmati liburan murah meriah bisa kamu lakukan di rumah atau staycation di hotel.

3.Staycation
Konsep liburan ini berasal dari kata stay vacation yaitu menikmati liburan tanpa perlu ke kota lain. Liburan dengan cara ini bisa dilakukan di rumah atau dengan memesan kamar hotel yang biasanya memberikan potongan harga yang lumayan pada momen libur lebaran 2019 nanti. Siapkan buku dan koleksi film sebanyak-banyaknya, plus cemilan.

Pilih hotel yang menyediakan bathtub atau kolam renang biar kamu bisa membuat badan dan pikiran rileks dengan berendam. Hotel dengan konsep taman juga bisa jadi pilihan bagus untuk staycation. Kamu bisa menuntaskan bacaan dengan nyaman di taman tanpa terganggu siapa-siapa.

4.City Tour atau Wisata Dalam Kota
Karena orang-orang pada mudik lebaran ke kampung masing-masing maka tempat-tempat wisata dalam kota cenderung sepi. Saya biasanya memilih menghabiskan waktu di Benteng Ujung Pandang atau yang lebih dikenal dengan nama Fort Rotterdam. Ada empat bastion dalam benteng yang dibangun oleh Raja Gowa ke IX Tumapparisi Kallonna ini yang biasa saya jadikan tempat menyepi untuk sekadar membaca buku atau hanya berbaring tanpa memikirkan apa-apa.

Taman-taman kota juga bisa jadi pilihan yang asik untuk melewatkan liburan lebaran. Ada berapa taman kota di kotamu? Kunjungi satu atau dua taman, kalau bisa semua lebih bagus sih, dan nikmati suasana taman yang sepi. Kamu bebas mendengarkan musik sambil melamun tanpa gangguan orang lain. Bisa juga sambil ngeblog. Ceritakan bagaimana taman itu dan bagikan ke pembaca blogmu.

Jalan-jalan keliling kota juga bisa menyehatkan badan, minimal sebagai penyeimbang asupan daging dan kolesterol jahat yang biasanya tak terkontrol saat lebaran. Siapa yang bisa tahan godaan makanan lebaran?

5.Jalan ke Mal
Mal-mal biasanya sepi pada saat lebaran. Momen ini bisa kamu manfaatkan untuk berbelanja tanpa harus desakan dengan pengunjung lain. Asyiknya belanja di mal pada masa liburan mudik lebaran itu adalah bisa memilih pakaian dengan bebas tanpa terganggu orang lain. Antrian di kasir juga tak akan seramai hari biasanya. Belum lagi potongan harga atau diskon biasanya masih berlaku hingga beberapa hari setelah lebaran.

Capek keliling? Bisa kamu lanjutkan dengan masuk bioskop dan cari film bagus. Momen libur lebaran 2019 nanti akan ada banyak film yang bagus. Malas menonton film? Cari coffee shop kesukaanmu dan nikmati kopi atau minuman favorit yang ada dalam daftar menu. Sambil menikmati minuman kamu bisa melanjutkan belanja daring. Cari apa yang mau kamu beli tapi tidak kamu dapatkan padahal sudah keliling mal.


6.Kerja Part Time
Kalau ini sih kayaknya khusus mahasiswa yang tak bisa pulang kampung.  Anda bisa mengisi liburan dengan mencari kerjaan part time. Ini bisa kamu memanfaatkan untuk mengisi libur lebaran 2019 sambil menambah isi dompet.

Kerja apa? Banyak. Contohnya: menjadi pemandu wisata. Tak perlu daftar ke agen travel kok, datangi saja wisatawan yang berkunjung ke objek wisata lalu tawarkan jasa memandu mereka. Modalnya cukup blogwalking untuk menambah pengetahuan tentang objek wisata yang kamu datangi.

Suka hewan? Saat libur lebaran 2019 nanti banyak orang yang tidak tega meninggalkan hewan peliharaan mereka sendiri di rumah. Peluang ini bisa kamu manfaatkan untuk menambah uang jajan atau untuk membeli barang yang masuk ke dalam whist list kamu.

Dua pilihan di atas tidak cocok buat kalian? Pilihan lainnya adalah dengan membuka jasa titip berbelanja atau jastip. Banyak orang yang biasanya malas atau tak sempat berbelanja saat menjelang lebaran. Ada pula orang yang tak bisa mudik tapi kangen dengan jajanan kampung asal mereka. Ini kesempatan buat kamu saat mengisi libur lebaran 2019 untuk menolong mereka dan membantu dompet kamu sendiri.

Sudah memilih jenis kerjaan part time apa yang akan kamu lakukan saat liburan mudik lebaran 2019 nanti? Tawarkan melalui media sosial yang kamu miliki. Mention akun-akun besar yang baik hati jika kamu merasa tidak pede karena jumlah followermu belum banyak.

So, bagi  Anda yang senasib dengan saya yang tidak pulang kampung ada banyak cara untuk mengisi hari-hari libur lebaran 2019 nanti seperti di atas. Atau, punya ide lain? Ayo bagikan di kolom komentar.
Source: lelakibugis.net
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Terbaru

Bupati Blora Minta Pemprov Jateng Tuntaskan Jalan Provinsi di Blora

BLORA – Disela-sela (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Blora Tahun 2025, Kamis (28/3 /24, Bupati Blor...

Total Pageviews

Popular Posts

Blog Archive

Komunitas

SELANJUTNYA »