Makanan Untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh Anda ~ MEDIAEDUKASIANDA

Makanan Untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh Anda


Sistem kekebalan atau sistem imun (bahasa Inggris: immune system) adalah sistem pertahanan sebagai perlindungan terhadap infeksi dari makromolekul asing atau serangan patogen, termasuk virus, bakteri, protozoa dan parasit. Sistem imun juga berperan dalam perlawanan terhadap protein tubuh dan molekul lain seperti yang terjadi pada autoimunitas, dan melawan sel yang bertransformasi menjadi tumor.[ id.wikipedia.org]

Jenis Makanan Untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh Anda, ada beberapa pilihan berikut ini:

- Elderberry

Ekstrak dari buah elderberry mampu untuk memblokir virus flu dalam studi tabung tes. Tetapi para ilmuwan mengingatkan bahwa studi lebih lanjut diperlukan. Buah itu sendiri kaya antioksidan dan juga memiliki kemampuan untuk melawan peradangan.

- Jamur

Jamur memiliki mineral selenium dan antioksidan. Rendahnya tingkat selenium telah dikaitkan dengan peningkatan risiko flu yang lebih parah. Dan vitamin B riboflavin dan niacin, ditemukan dalam jamur ini, berperan dalam sistem kekebalan tubuh yang sehat. Penelitian pada hewan juga menunjukkan jamur memiliki antivirus, antibakteri, dan efek anti-tumor.

- Acai Berry

Sebagai makanan super bersama dengan produk seperti blueberry, sinyal warna gelap sedikit acai berry yang sangat tinggi antioksidan yang disebut anthocyanin. Sementara Acai tidak ilmiah terkait dengan spesifik kemampuan penyakit-penyakit, antioksidan bisa membantu tubuh Anda melawan penuaan dan penyakit. Acai berry bisa ditemukan paling sering di jus atau smoothie bentuk, atau dikeringkan dan dicampur dengan granola.

- Tiram

Mineral seng yang ditemukan dalam tiram bisa berfungsi meningkatkan libido atau gairah bercinta dan menguatkan kekebalan tubuh. Kadar zinc rendah telah dikaitkan dengan infertilitas pria. Dan seng tampaknya memiliki beberapa efek antivirus, meskipun para peneliti tidak bisa menjelaskan mengapa. Seng  sistem kekebalan tubuh termasuk penyembuhan luka.

- Semangka

Mengandung banyak air dan menyegarkan, semangka matang juga memiliki banyak antioksidan yang kuat, yaitu glutathione. Dikenal untuk membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga bisa memerangi infeksi, glutathione ditemukan dalam daging seperti daging buah merah di dekat kulit buah.

- Kubis

Kubis adalah sumber kekebalan penguatan glutamin. Kubis mudah murah dan untuk mendapatkannya. Coba tambahkan kubis dari setiap varietas (putih, merah, Cina) pada sup dan minuman untuk mendapatkan antioksidan ekstra dan meningkatkan nilai gizi makanan.

- Kacang almond

Sejumlah almond bisa menopang sistem kekebalan tubuh dari efek stres. Dianjurkan 1/4 cangkir porsi mengandung hampir 50% dari jumlah harian vitamin E yang disarankan, yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dan mereka telah riboflavin dan niacin, vitamin B yang bisa membantu Anda bangkit kembali dari dampak stres.

- Jeruk bali

Grapefruit dikemas dengan flavonoid - senyawa kimia alami yang telah ditemukan untuk meningkatkan aktivasi sistem kekebalan tubuh. Mereka juga memiliki jumlah yang baik dari vitamin C.

- Wheat Germ

Wheat germ adalah bagian dari biji gandum yang feed tanaman gandum bayi, sehingga penuh dengan nutrisi. Memiliki seng, antioksidan, dan vitamin B antara vitamin penting dan mineral. Wheat germ juga menawarkan campuran yang baik dari serat, protein, dan beberapa lemak yang baik. Gandum pengganti untuk bagian dari tepung biasa disebut dalam dipanggang dan resep lainnya.

- Yogurt rendah lemak

Secangkir sehari-hari bisa mengurangi kesempatan Anda untuk mendapatkan pilek. Carilah label daftar "budaya hidup dan aktif." Beberapa peneliti percaya bahwa mereka bisa merangsang sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit. Juga mencari vitamin D. Penelitian terbaru telah menemukan hubungan antara kadar vitamin D rendah dan meningkatnya risiko kedinginan dan terkena flu.

- Bawang putih

Bawang putih menawarkan beberapa antioksidan yang melawan penjajah sistem kekebalan tubuh. Di antara target bawang putih adalah H. pylori, bakteri yang berhubungan dengan beberapa bisul dan kanker perut.

- Sayur bayam

Dikenal sebagai "makanan super," bayam kaya nutrisi. Memiliki folat, yang membantu tubuh Anda memproduksi sel baru dan memperbaiki DNA. Dan ia menawarkan serat, antioksidan, seperti vitamin C, dan banyak lagi. Makan bayam mentah atau dimasak sebentar untuk mendapatkan hasil terbaik.

- Teh

Teh hijau atau teh hitam semuanya sarat dengan antioksidan polifenol dan flavonoid untuk melawan penyakit. Antioksidan ini mencari radikal bebas yang merusak sel dan menghancurkan mereka. Berkafein dan tanpa kafein sama baik.

- Ubi

Seperti wortel, ubi jalar memiliki antioksidan beta-karoten, yang pel radikal bebas yang merusak. Ubi jalar juga membanggakan vitamin A, yang terkait dengan memperlambat proses penuaan dan dapat mengurangi risiko beberapa jenis kanker.

- Brokoli

Brokoli adalah dasar meningkatkan imunitas tubuh. Satu studi kimia melaporkan brokoli membantu merangsang sistem kekebalan tubuh tikus. Plus, itu penuh dengan nutrisi yang melindungi tubuh Anda dari kerusakan. Memiliki vitamin A, vitamin C, dan glutathione. Tambahkan beberapa keju rendah lemak untuk melengkapi lauk dengan vitamin B meningkatkan kekebalan dan vitamin D.

Semoga Bermanfaat. Salam Sehat.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Terbaru

Bupati Blora Minta Pemprov Jateng Tuntaskan Jalan Provinsi di Blora

BLORA – Disela-sela (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Blora Tahun 2025, Kamis (28/3 /24, Bupati Blor...

Total Pageviews

Popular Posts

Blog Archive

Komunitas

SELANJUTNYA »