New Normal, DPRD Minta Disdik Siapkan Skenario Di Sekolah ~ MEDIAEDUKASIANDA

New Normal, DPRD Minta Disdik Siapkan Skenario Di Sekolah


BLORA - Pandemi Covid-19 masih berdampak pada dunia pendidikan. Saat ini sedang menghadapi  wacana New Normal yang harus mulai disiapkan sekolah - sekolah di daerah.

Komisi D DPRD Kabupaten Blora melakukan rapat dan akan segera melakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan (Disdik)
Kabupaten Blora terkait kesiapan dunia pendidikan memasuki tahun ajaran baru sekolah pada era tatanan hidup baru (New Normal).

Seperti dikutip dari pemberitaan Kompas.com, Rabu (20/05/2020), Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmita mengatakan, new normal adalah perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal.

Namun, perubahan ini ditambah dengan menerapkan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan Covid-19.

Anggota DPRD Kabupaten Blora, Achlif Nugroho Widi Utomo saat ditemui awak media ini di ruang Komisi D mengatakan, akan menanyakan kesiapan Dinas Pendidikan dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar pada era new normal.

“Seperti yang digaungkan pusat dan provinsi menuju new normal, kita tanyakan kesiapan Dinas Pendidikan pada saat melaksanakan kegiatan belajar mengajar tatap muka di sekolah,” kata Achlif Nugroho, Jum'at (29/05/2020).

Selaku anggota Komisi D PRD Kabupaten Blora, Achlif Nugroho menginginkan Dinas Pendidikan mempunyai inovasi dengan menerapkan protokol kesehatan terhadap para siswa maupun tenaga pengajar agar terjamin dalam hal kesehatan.

“Kita berharap Dinas Pendidikan memiliki inovasi, namun tetap menerapkan protokol kesehatan terhadap para siswa maupun tenaga pengajar agar terjamin kesehatannya," harapnya.
Mungkin, lanjut Achlif Nugroho, dalam proses belajar mengajar di sekolah memberlakukan shift belajar.

"Inovasi ini mungkin dalam proses belajar mengajar di sekolah mengurangi jumlah murid pada saat jam belajar, dengan cara memberlakukan shift belajar,” imbaunya.

Selanjutnya, politisi Partai Peratuan Pembangunan ini mengatakan, pihak sekolah juga harus memahami dan lebih memperhatikan protokol  kesehatan selama di lingkungan sekolah.

“Ya, pihak sekolah bisa lebih memperhatikan lagi mengenai protap kesehatan dan menekankan kepada siswanya untuk mengurangi kegiatan yang bersifat fisik,” tambahnya.
Kembali belajar mengajar ke sekolah di tengah pandemi Covid-19 dengan menerapkan new normal, peranan orangtua sangat penting bagi anak - anaknya.

Kembali belajar mengajar ke sekolah di tengah pandemi Covid-19, lanjut Achlif, orangtua harus mempersiapkan dan mengawal anak-anaknya untuk kembali ke sekolah dengan kondisi new normal.

Para orangtua harus memberi penjelasan kepada anak-anaknya  perihal bagaimana new normal, mulai dari penggunaan masker, cuci tangan dengan sabun, hingga menjaga jarak.

"Orangtua mempersiapkan kembali anak-anak ke sekolah, harus mengawal, memberi pengertian pada anak pentingnya mereka gunakan masker, cuci tangan dengan sabun sesering mungkin sebelum mereka sentuh bagian muka," ujar Achlif Nugroho.

Selain itu, tambah Achlif Nugroho, orangtua juga harus memastikan dan menjaga pola makan yang baik untuk anak-anaknya.

"Kami menghimbau kepada para orangtua untuk membawakan bekal kepada anak-anak saat sekolah," imbaunya.

Pola makan anak sangat penting untuk menjaga imunitas anak-anak agar tetap kuat yang walaupun terpapar tetapi virus tersebut bisa dikalahkan dengan imunnya yang kuat.

"Yang tak kalah pentingnya,  orangtua memberikan pengertian kepada anaknya, di sekolah pasti tergoda bermain dengan teman-temannya apalagi tiga bulan tidak bertemu," kata dia.

Terlebih, kata dia, hampir sebagian besar anak-anak merindukan sekolahnya. Dengan demikian, pengertian yang diberikan orangtua, saat anak - anak mereka berinteraksi dengan teman-temannya juga sangat dibutuhkan. Terutama agar menjaga jarak dan tidak saling bersentuhan.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora, Hendi Purnomo menjelaskan masih menunggu keputusan dari pemerintah pusat.

"Kami masih menunggu keputusan dari pemerintah pusat. Skenario seperti apa. Kami masih menunggu," ucap Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora, Hendi Purnomo saat dihubungi media ini melalui sambungan WhatsApp.

Meski demikian, pihaknya menghimbau kepada pihak sekolah untuk mempersiapkan diri, untuk menata sarana dan prasana dan teknis pembelajaran.

"Yang jelas pembelajaran jalan, tapi kami belum memutuskan seperti apa," katanya.

Persiapan yang dilakukan, lanjut Hendi, untuk ruang kelasnya dapat menampung berapa siswa dengan penerapan social distancing. Kemudian tempat cuci tangan di masing-masing kelas.

"Protokol kesehatan terus dipersiapkan mumpung anak-anak belum masuk. Nanti juga akan disemprot dulu," terangnya.

Namun, pihaknya belum dapat memastikan kapan sekolah masuk karena masih menunggu keputusan pemerintah pusat imbuh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora. (AD)
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Terbaru

Bupati Blora Minta Pemprov Jateng Tuntaskan Jalan Provinsi di Blora

BLORA – Disela-sela (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Blora Tahun 2025, Kamis (28/3 /24, Bupati Blor...

Total Pageviews

Popular Posts

Blog Archive

Komunitas

SELANJUTNYA »