Tanaman Obat Di Sekitar Anda ~ MEDIAEDUKASIANDA

Tanaman Obat Di Sekitar Anda


mediaedukasianda,- Pengertian Tanaman obat adalah Jenis-jenis tanaman yang memiliki fungsi dan berkhasiat sebagai obat dan dipergunakan untuk penyembuhan ataupun maupun mencegah berbagai penyakit.

Berkhasiat obat sendiri mempunyai arti mengandung zat aktif yang bisa mengobati penyakit tertentu atau jika tidak memiliki kandungan zat aktif tertentu tapi memiliki kandungan efek resultan / sinergi dari berbagai zat yang mempunyai efek mengobati.

Penggunaan tanaman obat sebagai obat bisa dengan cara diminum, ditempel, dihirup sehingga kegunaannya dapat memenuhi konsep kerja reseptor sel dalam menerima senyawa kimia atau rangsangan.

Tanaman obat yang dapat digunakan sebagai obat, baik yang sengaja ditanam maupun tumbuh secara liar. Tumbuhan tersebut digunakan oleh masyarakat untuk diracik dan disajikan sebagai obat guna penyembuhan penyakit.

Tumbuhan obat merupakan salah satu ramuan paling utama produk-produk obat herbal. Tanaman obat adalah bahan yang berasal dari tanaman yang masih sederhana, murni, belum diolah.

Tumbuhan obat adalah Tanaman atau bagian tumbuhan yang digunakan menjadi bahan obat tradisional atau obat herbal, bagian tanaman yang dipakai untuk bahan pemula bahan baku obat.

Tanaman atau bagian tanaman yang diekstraksi dan ekstrak tumbuhan tersebut dipakai sebagai obat. Tanaman obat adalah obat tradisional yang terdiri dari tanaman-tanaman yang mempunyai khasiat untuk obat atau dipercaya mempunyai khasiat sebagai obat. Di mana khasiatnya diketahui dari hasil penelitian dan pemakaian oleh masyarakat.

Pada Tumbuhan Itu Sendri Terdapat Beberapa Reaksi Dan Proses Fotosintesis

Proses fotosintesis pada terdapat pada tumbuhan hijau yang bersifat autotrof yakni bisa menyusun makanannya sendiri. Melalui daun, tumbuhan menyerap molekul karbondioksida juga air dalam rangka menghasilkan gula dan juga oksigen. Kedua senyawa tersebut kemudian akan digunakan sebagai penyokong pertumbuhannnya.
reaksi kimia fotosintesis, melibatkan beberapa senyawa di dalamnya.

Berikut adalah senyawa senyawa yang terlibat pada proses fotosintesis :
·         CO2
·         Suhu
·         Energi cahaya
·         Air
·         O2
·         Hara

Hasil dari reaksi kimia fotosintesis itu merupakan sumber dari O2 yang dapat kita hirup, jadi dengan demikian, reaksi kimia itu merupakan sebuah faktor yang signifikan dalam hal ini ke khawatiran tentang terjadinya deforestasi pada hutan akan dapat .Ada dua reaksi kimia dalam fotosintesis yaitu reaksi gelap dan juga reaksi terang.

Reaksi terang merupakan sebuah reaksi yang dalam prosesnya memerlukan adanya cahaya. reaksi terang terjadi pada grana atau kloroplas. Reaksi terang juga sering disebut dengan istilah fotolisis air sebab dalam reaksi terang terjadi proses pemecahan molekul air yang berubah menjadi O dan juga H.

O akan segera dilepaskan dalam bentuk sebuah oksigen adapun H digunakan oleh sebuah tumbuhan. pemecahan air pada reaksi terang akan menghasilkan suatu elektron atau eksitasi yang dapat digunakan untuk proses pembentukan energi yaitu ATP dan juga NADPH.

Reaksi gelap adalah suatu reaksi yang tidak memerlukan adanya cahaya dan bisa terjadi pada stroma atau kloroplas. Reaksi gelap adalah sebuah reaksi yang membentuk suatu karbohidarat dengan menggunakan zat CO2.

Reaksi gelap adalah tindak lanjut dari adanya reaksi terang dalam fotosintesis. Energi yang telah terbentuk dari reaksi terang, akan digunakan untuk proses reaksi gelap ini. sehingga akan membentuk amilum atau karbohidrat dengan suatu rumus kimia C6H12O6.

 Jadi, secara ringkasnya kedua reaksi itu dapat ditulis sebagai berikut
6H2O + 6CO2 + cahaya → C2H12O6 (glukosa) + 6O2 + 6H2O

Jenis Jenis Tanaman Obat

Beberapa tanaman obat yang bisa anda pakai sebagai Pengobatan Alternatif dirumah. Ada 10 Tanaman Obat dan Khasiatnya Di sekitar Rumah Anda
Tanaman Herbal

1.      Seledri (Apium Graviolens)
Cara Mengobati Asam Urat Alami dengan Seledri



Mungkin tanaman yang satu ini tidak asing lagi bagi kita, selain enak dipakai sebagai penyedap rasa ternyata seledri juga berfungsi sebagai obat alami karena kaya akan kalsium, fosfor dll.

Contohnya seledri bisa dipakai sebagai Obat Asam Urat. Caranya Cukup rebus beberapa biji seledri untuk segelas air didihkan lalu minum setiap pagi.

2.      Blustru (Luffa Aegyptica Mill)
Cara Mengobati Asma Alami dengan Blustru dengan Blustru

Blustru atau yang biasa disebut Ketela Manis ( Di Sunda disebut Lapang Oyom atau di Palembang disebut Hurung Jawa) merupakan tanaman obat keluarga yang telah diberikan secara turun temurun. Namun saat ini sudah jarang sekali yang menggunakan bahkan sebagian besar orang tidak tau bagaimana bentuk Tanaman Blustru itu.

Blustru dapat digunakan sebagai Obat Asma, Caranya cuci telebih dahulu daun blustru muda simpan diatas nasi panas (bisa disimpan diatas ketika menanak nasi) lalu makanlah sebagai lalaban setiap hari.

3.      Pasak Bumi atau Tongkat Ali (Eurycoma Longifolia Jack)
Cara Mengobati Ejakulasi Dini dengan Tongkat Ali

Tanaman ini di Indonesia tumbuh didaerah Kalimantan. Tongkat ali dapat membantu memperbaiki kadar testosteron pada pria dan menambah gairah sexual pada pria. Selain itu juga mampu menjadi Obat Ejakulasi Dini. Banyak Toko herbal menjual pasak bumi ini biasanya sudah berupa teh, kopi, berbentuk kering dll.

4.      Lidah Buaya (Aloe Vera)
Cara Mengobati Kanker Alami dengan Lidah Buaya

Lidah buaya sejak zaman dahulu telah dipercaya sebagai bahan perawatan kecantikan dan obat. Saat ini dijepang sedang mengembangkan penelitian lidah buaya sebagai Obat Kanker. Saat ini sangat banyak sekali cara untuk memakan lidah buaya seperti Cendol ala Pontianak.

5.      Buah Makasar (Brucea Javanica)
Cara Mengobati Kanker Serviks Alami dengan Buah Makasar

Tanaman ini memiliki rasa yang sangat pahit dan beracun. Namun apabila dipergunakan dengan baik dan sesui dengan dosis yang rumbuhan ini mampu menjadi mengobati Penyakit Diabetes Melitus karena dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Selain itu Buah Makasar juga mampu menjadi Obat Kanker Serviks, Caranya bisa dengan menyeduhnya kedalam setengah cangkir  dan minum 2 - 3 kali sehari (Banyak Toko Herbal yang menjual Buah Makasar kering jadi anda tidak perlu susah susah menumbuk atau mengeringkannya sendiri).

6.      Belimbing (Averrhoa Carambola)
Cara Menurunkan Darah Tinggi Alami dengan Belimbing

Belimbing manis banyak mengandung vitamin C, B, A, Protein, Kalsium dll. Belimbing.

Selain rasanya yang enak juga mampu mejadi Obat Kolestrol Tinggi dan Penurun Darah Tinggi. caranya cukup makan buah belimbing setiap hari sesudah makan.

7.      Temulawak (Curcuma Xanthorrhiza)
Cara Mencegah Kanker hati Alami dengan Temulawak

Temulawak merupakan tanaman obat indonesia yang memiliki kandungan Kurkumin yang berguna sebagai Anti Radang ataupun Anti Keracunan Empedu.

Walaupun temulawak tidak mampu menjadi Obat Kanker Hati, namun temulawak mampu mencegahnya karena temulawak mampu mengobati Penyakit Hepatitis B yang berperan sebagai faktor utama Penyakit Kanker Hati.

8.      Daun Dewa (Gynura Divaricata)
Cara Mengobati Stroke Alami dengan Daun Dewa

Dari namanya aja udah kerenkan, Daun Dewa dipercaya mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Daun Dewa mengandung minyak atsiri, saponin dll.

Daun Dewa bida digunakan sebagai Obat Penyakit Stroke ataupun Pencegah datangnya Penyakit Stroke. Mampu juga mengobati luka memar dan Penurun Darah Tinggi.

9.      Jarak (Ricinus Communis)
Cara Mengobati Hernia Alami dengan Jarak


Biasa disebut Kaliki di Jawa Barat Dulang di Sumatra dan Kalek Dimadura. Jarak memuliki manfaat pada karnya sebagai anti rematik dan mampu menenangkan. Pada bijinya terasa manis, pedas namun netral. Bijinya Banyak digunakan untuk Obat Kangker Rahim, Hernia, Rematik, TBC dsb.

Namun ketika anda mengolah biji jarak menjadi herbal anda harus berhati - hati karena jika meminum obatnya berlebihan akan menimbulkan keracunan dengan ciri - ciri Sakit kepala, muntah berak, panas dll.

Sebenarnya tanaman obat sangat banyak sekali jenisnya. Dari berbagai daerah penjuru negri memiliki resep masing - masing dalam mengolah tanaman herbal. Ketika kita kembali ke obat alami segala jenis penyakit dapat di cegah dan diobati karena resikonya sangat kecil. Untuk itu perbanyaklah meminum minuman herbal seperti jamu dll agar tubuh lebih sehat.
 
10. Mengkudu (Morinda Citrifolia L.)

Morinda citrifolia L mempunyai nama daerah : Eodu, mengkudu,         bengkudu,(Sumatera) ; kudu, cengkudu, kemudu, pace (Jawa); wangkudu, manakudu, bakulu             (Nusa tenggara); dan di Kalimantan di kenal dengan nama mangkudu, wangkudu, dan labanan
Kandungan kimia
Buah mengkudu mengandung skopoletin, rutin, polisakarida, asam askorbat, β-karoten, 1-arginin, proxironin, dan proxeroninase, iridoid, asperolusid, iridoid antrakinon, asam lemak, kalsium, vitamin B, asam amino, glikosida, dan juga glukosa. Selain itu juga dikandung senyawa-senyawa seperti, morindon, rubiadin, dan flavonoid. Manfaat tanaman mengkudu klik disini

11. Brotowali
Brotowali merupakan sejenis tanaman obat tradisional yang biasa tumbuh di pekarangan maupun di dalam hutan. Tanaman ini tergolong jenis tanaman liar yang bisa ditemui diseluruh daerah di Indonesia, terutama di pulau Jawa, Bali, dan juga Ambon. Tanaman merambat ini biasanya dipergunakan sebagai bahan dasar pembuatan jamu tradisional, karena kandungan bahan-bahan kimia di dalamnya dipercaya mampu memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh.

Kandungan Bahan kimia
Di dalam brotowali terdapat bahan-bahan kimia yang diperlukan tubuh seperti Alkaloid berberin dan columbina, yang dipercaya mampu membunuh bakteri pada luka. Zat pikroretin merupakan zat yang memberikan rasa pahit pada brotowali yang dapat merangsang kerja urat saraf dan menjadikan sistem pernafasan dapat bekerja dengan baik, bersamaan dengan zat Palmatin, Glikosida, Harsa, Kolulin, dan zat pati.

Sementara itu, brotowali juga memiliki beberapa sifat seperti :

Manfaat Daun Brotowali
Analgesik, yaitu sebagai penghilang rasa sakit
Alkaloid dan flavonoid, yaitu sebagai antiinfertilitas alami
Antipiretik, yaitu sebagai penurun panas
Antineoplastik, yaitu sebagai pencegah kanker dan tumor
Antidiabetik, yaitu dapat membantu mengontrol gula darah
Antioksidan, yaitu perlindungan dari radikal bebas
Imunologi, yaitu untuk menstimulasi sistem imune
Antidepresan, yaitu menghambat aktivitas monoamine oxidase
Antiporotik, yaitu kepadatan tulang
Anti alergi, yaitu mengurangi akibat alergi
Adapun bagian dari tanaman ini yang biasa dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan jamu adalah bagian batang dan daunnya. Kedua bagian tersebut biasanya direbus, dan akan menghasilkan rasa yang pahit. Dalam istilah jawa, jamu brotowali dikenal dengan istilah jamu pahitan.
Berikut ini penjabaran tentang beberapa manfaat dari tanaman brotowali, diantaranya :
§  Penambah nafsu makan
§  Membantu penyembuhan luka
§  Menyembuhkan penyakit kulit
§Mengobati diabetes 
§Menurunkan demam
§  Menyembuhkan sakit kuning (hepatitis)
§  Penyembuhan rematik
§  Mengobati gatal-gatal
§  Menyembuhkan malaria
§  Mencerahkan kulit wajah


Manfaat Tanaman Obat Bagi Kesehatan
Kesehatan merupakan salah satu anugrah terindah dan juga terpenting yang ada di dalam hidup kita sebagai manusia. Ada beberapa orang yang mengalami berbagai macam gangguan kesehatan, yang mencari-cari cara yang tepat untuk menemukan obat yang dapat menyembuhkan sakitnya bahkan hingga menghabiskan biaya yang tinggi. Disinilah kita dapat merenungkan arti dari kesehatan itu sendiri.

Untuk mencapai tubuh yang sehat dan juga terbebas dari berbagai macam penyakit, kita harus mampu merawat tubuh kita dengan gaya hidup sehat dan juga asupan nutrisi yang lengkap bagi tubuh. Namun demikian, terkadang kita harus menghadapi kenyataan terserang berbagai macam penyakit yang mengganggu aktivitas kita sehari-hari.

Untuk mengobati berbagai macam penyakti tersebut, selain memeriksakan diri ke dokter, kita pun dapat mengobati tubuh kita dengan berbagai macam tanaman obat yang tumbuh dan mudah kita peroleh di sekitar kita. Tanaman obat ini memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan dan juga kepentingan pengobatan menyembuhkan penyakit.

Apa saja manfaat tanaman obat? Lalu, apa saja manfaat penting dari tanaman obat? Berikut ini adalah beberapa manfaat penting dari tanaman obat:

Menjaga Daya Tahan Tubuh
Manfaat tanaman obat yang pertama bagi tubuh kita adalah mampu untuk menjaga daya tahan tubuh kita. Dengan daya tahan tubuh yang semakin terjaga, maka kita akan terhindar dari berbagai macam penyakit. Penting sekali menjaga daya tahan tubuh agar tetap fit dalam menjalani aktivitas sehari-hari.
Berikut ini beberapa jenis tanaman obat yang dapat menjaga daya tahan tubuh:
§  Jahe
§  Basil
§  Rosemary
§  Mint
§  Ginseng

Meningkatkan Stamina dan Menyegarkan Tubuh
Manfaat tanaman obat yang kedua, tanaman obat sangat berkhasiat untuk menjaga stamina dan juga menyegarkan tubuh anda yang merasa lelah setelah beraktivitas seharian, dan membutuhkan tenaga ekstra untuk melanjutkan aktivitas.

Berikut ini beberapa jenis tanaman herbal yang dapat meningkatkan stamina dan menyegarkan tubuh:
§  Jahe
§  Ginseng
§  Ginko biloba
§  Daun binahong

Memperlancar Peredaran Darah
Manfaat tanaman obat lainnya adalah tanaman obat dapat memperlancar peredaran darah. Dengan lancarnya peredaran darah, maka sirkulasi dan juga suplai darah ke organ-organ tubuh akan lebih lancar dan optimal.
Berikut ini beberapa jenis tanaman obat yang dapat memperlancar peredaran darah:
§  Jahe
§  Bawang putih
§  Buah jeruk
§  Pegagan

Mencegah Berbagai Macam Penyakit Kronis
Saat ini berbagai macam penyakit kronis mulai menghantui kehidupan kita. Banyak sekali berbagai macam penyakit kronis yang membahayakan. Beberapa bentuk penyakit kronis dan juga gangguan kesehatan yang dapat mengarah kepada penyakit kronis, seperti kanker, stroke, malaria, demam berdarah, jantung coroner, serangan jantung, diabetes dan kolestrol.

Beberapa tanaman obat telah diteliti mampu untuk mencegah dan mengendalikan penyebab dari penyakit kronis, meskipun belum sampai pada tahap menyembuhkan secara total. Berikut ini beberapa tanaman obat yang bisa dimanfaatkan untuk mencegah penyakit kronis:
Tanaman akar kucing
§  Daun johar
§  Daun binahong
§  Daun parsley
§  Mahkota dewa
§  Angkak
§  Daun sirsak
Dan masih banyak lagi jenis tanaman obat – obatan yang dapat mencegah munculnya penyakit kronis.

Mengobati Panas dan Demam
Terdapat beberapa manfaat tanaman obat sering digunakan untuk mengobati sakit panas dan demam. Biasanya tanaman obat yang umum dimanfaatkan sebagai obat penurun panas demam adalah:
§  Kunyit
§  Jahe
§  Jeruk nipis
§  Bawang merah

Mengobati Batuk Pilek
Batuk dan pilek merupakan salah satu jenis penyakit ringan dan umum terjadi. Biasanya penyakit ini muncul karena adanya kuman atau bakteri yang masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan batuk serta pilek. Berikut ini adalah beberapa tanaman obat yang bisa mengobati batuk pilek:
§  Jahe
§  Sereh
§  Cengkeh
§  Jeruk nipis

Mengobati Gejala Sesak Nafas
Bagi yang sering mengalami gejala sesak nafas, juga dapat memanfaatkan tanaman obat untuk melegakan pernapasan. Biasanya, tanaman obat yang digunakan hampir sama dengan tanaman obat untuk menyembuhkan batuk dan juga pilek.

Menyembuhkan Luka
Beberapa tanaman obat memiliki sifat disinfektan, anti bakteri dan juga mampu untuk mempercepat proses pembekuan darah. Dengan dungsi ini, maka akan berdampak pada penyembuhan luka yang lebih cepat. Berikut ini adalah beberapa tanaman obat untuk menyembuhkan luka :
§  Daun dewa
§  Tanaman patah tulang
§  Tanaman akar kucing

Menjaga Kesehatan dan Juga Fungsi dari Organ Tubuh
Hampir semua tanaman obat yang kita konsumsi tidak hanya baik untuk mencegah penyakti dan mengobatinya, namun juga memberikan efek yang dapat menjaga kesehatan organ – organ dalam tubuh kita. Dengan terjaga kesehatan organ tubuh, maka hal ini akan berdampak pada kesehatan tubuh kita yang lebih terjaga.

Baik Untuk Kesehatan Pencernaan
Beberapa manfaat tanaman obat, dan sepertinya hampir semua tanaman obat memiliki kandungan serat dan juga mineral yang sangat baik untuk kesehatan pencernaan kita.

Mengobati Peradangan dan Infeksi
Bagi anda yang sering mengalami perdangan dan juga infeksi, tanaman obat merupakan salah satu hal yang penting untuk meredakan hal tersebut. Berikut ini adalah beberapa jenis tanaman obat yang dapat mengobati peradangan dan juga infeksi:
§  Daun dewa
§  Jahe
§  Daun sereh
§  Angkak
§  Sambiloto
§  Rumput mutiara kering

Mengobati dan Mencegah Kemunculan Jerawat
Sering mengalami kemunculan jerawat, terutama di bagian wajah anda? selain dengan menggunakan berbagai macam obat-obatan, jerawat juga dapat diatasi dengan berbagai jenis tanaman obat. Salah satu jenis tanaman obat yang dapat mengobati jerawat anda adalah bawang putih.

Mencegah Tanda-tanda Penuaan Dini
Beberapa tanaman obat memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga dapat menangkal radikal bebas yang masuk kedalam tubuh. Manfaat tanaman obat, termasuk khasiatnya ini akan berdampak pada pencegah terhadap proses penuaan dini, ataupun aging, yang memiliki ciri-ciri:
§  Kekenyalan kulit yang menurun
§  Munculnya kerutan-kerutan pada wajah
§  Kulit terasa kering
§  Kulit kusam dan berwarna hitam.

Untuk Menghangatkan Tubuh dan Menghilangkan Masuk Angin
Masuk angin merupakan salah satu gejala umum yang sering terjadi, terutama ketika anda sering berpergian pada malam hari. Untuk mengusir masuk angin, dan juga menghangatkan tubuh anda di malam hari, anda dapat mengkonsumsi olahan dari tanaman herbal untuk menghangatkan tubuh anda dan juga mengusir masukan angin. Tanaman seperti jahe dan juga ginseng merupakan salah satu tanaman obat yang efektif untuk mengsir masuk angin dan juga menghangatkan tubuh.

Mencegah Anemia dan Kekurangan Darah
Bagi anda yang sering mengalami gejala anemia, tidak berlu takut. Hampir semua tanaman obat dapat membantu anda untuk meningkatkan jumlah darah anda agar tidak mengalami anemia. Beberapa tanaman obat yang dapat mencegah anemia antara lain :
§  Angkak
§  Kunyit
§  Kacang hijau
§  Tapak liman
§  Lempuyang

Itulah beberapa manfaat tanaman obat yang perlu Anda ketahui. Semoga blog mengenai manfaat dari tanaman obat ini berguna bagi anda. terima kasih.
Source: fikrisauqi.blog
Share:

1 komentar:

  1. Izin ya admin..:)
    Hadir dan Menangkan hadiah nya tempat bermain poker 8 game dengan hanya 1 userid saja sudah bisa menikmati permainan kami di arenadomino(com)
    silahkan langsung daftarkan diri anda bersama kami dengan pelayanan 24jam dan proses cepat yang kami berikan untuk kenyamanan anda semua dalam bermain di tempat kami segera bergabung peluang menang menunggu anda...
    WA +855 96 4967353

    ReplyDelete

Terbaru

Bupati Blora Minta Pemprov Jateng Tuntaskan Jalan Provinsi di Blora

BLORA – Disela-sela (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Blora Tahun 2025, Kamis (28/3 /24, Bupati Blor...

Total Pageviews

Popular Posts

Blog Archive

Komunitas

SELANJUTNYA »