mediaedukasianda,-
Layanan internet – Melihat perkembangannya saat ini, internet merupakan
kebutuhan pokok bagi masyarakat luas. Bukan lagi barang mewah, internet
sekarang sudah mudah didapat/diakses. Berbagai pekerjaan ataupun kebutuhan
dapat dengan mudah diselesaikan melalui internet.
Layanan–layanan yang ada di internet memang sangat
membantu, terlebih lagi tidak hanya satu jenis layanan, di internet banyak
layanan yang siap membantu kebutuhan netizen.
Di bawah ini adalah macam – macam layanan yang ada
di internet, diantaranya :
1.
E-Mail (Electronic Mail)
Electronic Mail (email) yang berarti surat
elektronik ini berfungsi untuk mengirim surat. Menurut sejarahnya layanan ini
adalah yang layan internet pertama di dunia. Bahkan saya baca di wikipedia
email tercipta sebelum internet diciptakan. Dengan adanya layanan E-Mail orang
– orang dimudahkan dalam mengirim surat. Contoh layanan email adalah Yahoo,
Gmail, dll.
2.
E-Commerce
E-Commerce adalah layanan internet yang digunakan
untuk kepentingan ekonomi. Toko online merupakan salah satu contoh dari layanan
E-Commerce. Dengan adanya layanan ini, kita tidak perlu pergi ke toko untuk
berbelanja, karena kita bisa membeli barang secara online. Contohnya di Lazada.
3.
E-Banking
Dengan adanya E-Banking proses transfer uang yang
Anda lakukan bisa berjalan dengan cepat. Saat ini sudah banyak Bank yang
menyediakan layanan ini, sehingga para pengguna Bank tersebut tidak perlu pergi
ke ATM untuk melakukan transfer uang. Bahkan beberapa bank sudah merambah ke
dunia mobile, sehingga kegiatan transfer uang bisa dilakukan dimana saja dan
kapan saja.
4.
E-Learning
Merupakan sistem pembelajaran elektronik, dimana
peserta didik dan guru tidak bertatap muka secra langsung melainkan dari jarak
jauh. Komputer menjadi perantara antara pengajar dan peserta didik. Dengan
adanya e-learning kita dapat membaca materi secara berulang – ulang. Namun
dapat mengurangi interaksi antara guru dengan murid secara langsung.
5.
E-Goverment
E-Goverment merupakan bentuk pelayanan pemerintahan
terhadapt masyarakatnya dengan memanfaatkan teknologi informasi. Ada beberapa
model penyampaian utama yaitu Goverment to Citizen / Goverment to Customer
(G2C),Goverment to Employ (G2E), Goverment to Business (G2B), dan Goverment to
Goverment (G2G). E-Goverment diharapkan dapat mpeningkatan efisiensi,
kenyamanan, serta aksesibilitas yang lebih baik dari pelayanan publik.
6.
Milist
(Mailing List)
Milist atau Mailing List adalah layanan yang
digunakan untuk berdiskusi dalam suatu komunitas atau organisasi. Setiap
anggota milist dapat membaca surat dari anggota lainnya yang berada dalam
lingkaran grup diskusi. Dan setiap anggota juga berhak membalas surat atau
tidak. Apabila ada salah satu anggota yang membalas pesan maka semua anggota
yang berada dalam lingkaran grup diskusi akan mendapat balasan tersebut. Dalam
milist setiap orang dapat berlangganan atau berhenti berlangganan.
7.
IRC
(Internet Relay Chat)
IRC atau akrab disebut layanan chatting adalah
suatu teknologi dimana setiap orang dapat berinteraksi dengan orang lain yang
jaraknya jauh. Dengan adanya teknologi ini kita dapat berkenalan dengan orang
baru dan memperbanyak teman atau relasi. Kita pun bisa saling melihat wajah
lawan bicara kita apabila komputer kita/orang tersebut dilengkapi WebCam.
8.
VOIP
(Voice Over Internet Protocol)
VOIP memungkinkan kita untuk berbicara melalui
telepon dengan biaya gratis. VOIP hanya membutuhkan koneksi internet sehingga
tidak perlu menggunakan pulsa. Di Indonesia terdapat VOIP Rakyat, Anda bisa
menggunakan fasilitas ini dengan gratis.
0 komentar:
Post a Comment