23 Kriteria
Guru Idaman
1.
RAMAH
& RIANG
§ Murah
senyum, menyapa, memulai pembicaraan, memancing pertanyaan, tanggap dengan
penuh perhatian dan hormat terhadap komentar siswa.
§ Menceritakan
leucon, tertawa bersama siswa.
2.
PENUH
KEAKRABAN
Pandai
membuat lelucon, mendorong dan memulai diskusi, hafal nama-nama siswa,
berinteraksi dengan siswa sebelum dan setelah pembelajaran berlangsung.
3.
BERWIBAWA
& PERCAYA DIRI
§ Menerapkan
tata tertib belajar yang jelas, menjaga ketertiban kelas, berbicara dengan
suara lantang dan jelas.
§ Berbicara
jelas, menatap (kontak) mata siswa, menjawab pertanyaan dengan benar.
4.
RENDAH
HATI & PEDULI
§ Mengakui
kesalahan, tidak sombong, tidak mendompleng sukses orang lain, dan tidak
merendahkan perestasi/sukses orang.lain
§ Menghargai
karya siswa yang baik,. membantu siswa yang membutuhkan bantuan, hafal
nama-nama siswa, menawarkan bonus atau nilai tambahan terhadap prestasi siswa
yang tinggi.
5.
HORMAT/MENGHARGAI
Tidak
melecehkan dan mempermalukan siswa di kelas, ramah pada siswa, mengucapkan kata
minta tolong dan terima kasih terima kasih atas tindakan siswa yang diminta,
tidak memotong pembicaraan siswa, tidak mebentak atau mengeluarkan kata-kata
kasar pada siswa.
6.
PENDENGAR
YANG BAIK
Tidak
memotong pembicaraan siswa, selalu mengadakan kontak mata, menanyakan inti
pertanyaan yang diajukan siswa.
7.
PROFESIONAL
DALAM PENAMPILAN
Berpakaian
rapih, bersih, tidak kusut, dan tidak kotor.
8.
ANTUSIAS
DALAM MENGAJAR
Murah
senyum saat mengajar, menyajikan kegiatan belajar yang menarik, menampilkan
ekspresi gerak dan mimik untuk pernyataan atau hal-hal penting, dan datang
tepat waktu.
9.
MENGELOLA
WAKTU PEMBELAJARAN DENGAN BAIK
Tiba
tepat waktu atau lebih awal, mengakhiri pembelajarn tepat waktu, menyajikan
bahan ajar yang relevan, memberikan kesempatan (waktu) untuk pertanyaan,
menepati janji, mengembalikan pekerjaan siswa tepat waktu.
10. KREATIF & MENARIK
Melakukan
eksperimen metode mengajar, menggunakan produk teknologi untuk mendukung dan
meningkatkan kualitas pengajaran, menggunakan contoh yang relevan, menarik, dan
tidak monoton.
11. KOMUNIKATOR EFEKTIF
Berbicara
lantang dan jelas, menggunakan kata/istilah baku, memberikan contoh yang jelas
dan relevan.
12. MENETAPKAN SASARAN BELAJAR HARIAN
Menyiapkan
dan mengikuti silabus dan RPP setiap kali melakukan pengajaran dan pembelajaran.
13. MELEK/TERAMPIL TEKNOLOGI
Mampu
menggunakan komputer, mampu melakukan surat-menyurat melalui e-mail, mampu
menggunakan alat tayang seperti OHP, LCD, dll.
14. MENGUASAI MATERI AJAR
Mampu
menjawab dengan mudah pertanyaan siswa, tidak membaca langsung dari buku atau
catatan, dan memberikan contoh yang jelas dan mudah dimengerti.
15. MENYAJIKAN INFORMASI TERKINI
Mengaitkan
topik pembelajaran dengan situasi nyata terkini, menggunakan rujukan (buku,
majalah, video dll) mutakhir
16. SELALU SIAP
Membawa
benda/bahan yang diperlukan dalam pembelajaran, tidak pernah terlambat datang
ke kelas, memberikan kerangka kegiatan belajar (diskusi dsb).
17. MERANGSANG DISKUSI
Mengajukan
pertanyaan menantang dan kontroversial saat pembelajaran, mengarahkan siswa
untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran.
18. MERANGSANG
TUMBUHNYA PIKIRAN KRITIS/RANGSANGAN INTELEKTUAL
Mengajukan
pertanyaan cerdas/mendalam/bijak, menggunakan soal essay dalam kuis atau ujian,
memberikan tugas rumah, mendorong diskusi/kerja kelompok.
19. MEMBERIKAN
UMPAN BALIK KONSTRUKTIF
Memberi
komentar pada kertas kerja siswa, menjawab pertanyaan siswa, dan memberi saran.
20. MENERAPKAN
UJIAN YANG BERKEADILAN
Memberikan
garis-garis besar bahan yang akan diujikan, soal ujiam relevan, tidak membebani
siswa dengan bahan bacaan, memberikan materi ajar yang sesuai dengan tingkatan
mayoritas siswa.
21. PEKA
& TEGUH HATI
Meyakinkan
diri bahwa siswa telah menguasai materi ajar sebelum berpindah ke materi baru,
memberikan pelajaran tambahan, mengulangi penjelasan bila perlu, menggunakan
pertanyaan untuk mengetahui pemahaman siswa.
22. BERUSAHA MENJADI GURU YANG LEBIH BAIK
Meminta
umpan balik atas kinerjanya dari siswa, selalu belajar (mengikuti seminar,
pelatihan dll), menggunakan metode mengajar tebaru.
23. KESALINGMENGERTIAN
Mau
menerima alasan yang sah siswa yang ingin meniggalkan pelajaran, tidak
kehilangan kendali diri (marah) terhadap siswa, menyediakan waktu tambahan
untuk mendiskusikan materimateri yang sulit.
10 Kriteria
Guru Profesional
1.
SELALU
PUNYA ENERGI UNTUK SISWANYA
Seorang
guru yang baik menaruh perhatian pada siswa di setiap percakapan atau diskusi
dengan mereka. Guru yang baik juga punya kemampuan mendengar dengan seksama
2.
PUNYA TUJUAN JELAS UNTUK PELAJARAN
Seorang
guru yang baik menetapkan tujuan yang jelas untuk setiap pelajaran dan bekerja
untuk memenuhi tujuan tertentu dalam setiap kelas.
3.
PUNYA
KETERAMPILAN MENDISIPLINKAN YANG EFEKTIF
Seorang
guru yang baik memiliki keterampilan disiplin yang efektif sehingga bisa
mempromosikan perubahan perilaku positif di dalam kelas.
4.
PUNYA
KETERAMPILAN MANAJEMEN KELAS YANG BAIK
Seorang
guru yang baik memiliki keterampilan manajemen kelas yang baik dan dapat
memastikan perilaku siswa yang baik, saat siswa belajar dan bekerja sama secara
efektif, membiasakan menanamkan rasa hormat kepada seluruh komponen didalam
kelas
5.
BISA
BERKOMUNIKASI BAIK DENGAN ORANG TUA MURID
Seorang
guru yang baik menjaga komunikasi terbuka dengan orang tua murid dan membuat
mereka selalu mendapat informasi terbaru tentang apa yang sedang terjadi di
dalam kelas dalam hal kurikulum, disiplin, dan isu lainnya.
6.
PUNYA
HARAPAN YANG TINGGI PADA SISWANYA
Seorang
guru yang baik memiliki harapan yang tinggi dari siswa dan mendorong semua
siswa dikelasnya untuk selalu bekerja dan mengerahkan potensi terbaik mereka.
7.
PENGETAHUAN
TENTANG KURIKULUM
Seorang
guru yang baik memiliki pengetahuan mendalam tentang kurikulum sekolah dan
standar-standar lainnya. Mereka dengan sekuat tenaga memastikan pengajaran
mereka memenuhi standar-standar itu.
8.
PENGETAHUAN TENTANG SUBYEK YANG DI AJARKAN
Seorang
guru yang baik memiliki pengetahuan yang luar biasa dan antusiasme untuk subyek
yang mereka ajarkan. Mereka siap untuk menjawab pertanyaan dan menyimpan bahan
menarik bagi para siswa, bahkan bekerja sama dengan bidang studi lain demi
pembelajaran yang kolaboratif.
9. SELALU
MEMBERIKAN YANG TERBAIK UNTUK ANAK-ANAK DALAM PROSES PENGAJARAN
Seorang
guru yang baik bergairah mengajar dan bekerja dengan anak-anak. Mereka gembira
bisa mempengaruhi siswa dalam kehidupan mereka dan memahami dampak atau
pengaruh yang mereka miliki dalam kehidupan siswanya, sekarang dan nanti ketika
siswanya sudah beranjak dewasa.
10. PUNYA HUBUNGAN YANG BERKUALITAS DENGAN SISWA
Seorang
guru yang baik mengembangkan hubungan yang kuat dan saling hormat menghormati
dengan siswa dan membangun hubungan yang dapat dipercaya.
0 komentar:
Post a Comment