Cara Menentukan Gagasan Utama, Kalimat Utama Dan Kalimat Penjelas Dalam Teks ~ MEDIAEDUKASIANDA

Cara Menentukan Gagasan Utama, Kalimat Utama Dan Kalimat Penjelas Dalam Teks


mediaedukasianda,- Hai sahabat, kali ini kita akan membahas cara menentukan gagasan utama, kalimat utama, dan kalimat penjelas dalam teks. Teks merupakan wacana tertulis atau bacaan yang dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran. Teks atau bacaan terdiri atas beberapa paragraf.

Paragraf adalah seperangkat kalimat yang ditulis agak ke dalam yang kalimatnya berkaitan satu sama lain dan membentuk satu kesatuan untuk mengutarakan atau mengemukakan satu gagasan utama atau gagasan pokok.

Syarat-syarat sebuah paragraf yaitu koheren(berhubungan), kohesif(padu), dan memiliki satu gagasan utama atau gagasan pokok.

Setiap paragraf harus memiliki gagasan utama. Gagasan utama, gagasan pokok, atau ide pokok adalah topik yang dibahas atau diungkapkan dalam bacaan. Gagasan utama dalam paragraf berfungsi sebagai pengendali informasi atau merupakan inti informasi.

Gagasan utama dapat ditemukan dalam kalimat utama. Gagasan utama yang terletak pada awal paragraf disebut deduktif,gagasan utama yang terletak pada akhir paragraf disebut induktif, dan gagasan utama yang terletak di awal dan di akhir paragraf disebut campuran (deduktif-induktif).

Kalimat utama merupakan kalimat berisi ide pokok.Kalimat utama dapat ditemukan di awal, akhir, awal dan akhir(campuran), atau diseluruh paragraf. Pada umumnya gagasan utama disampaikan dalam kalimat utama atau kalimat topik.

Jadi,untuk menentukan gagasan utama tentukanlah terlebih dahulu kalimat utama atau kalimat topiknya.

Kalimat penjelas atau atau kalimat pengembang adalah kalimat yang mengandung gagasan penjelas. Adapun yang dimaksud dengan gagasan penjelas adalah gagasan yang menjelaskan suatu gagasan utama. Baik itu dalam bentuk perincian atau uraian-uraian, contoh-contoh atau ilustrasi, kutipan-kutipan, dan sebagainya.

Mind Map:
·         Dalam 1 paragraf terdapat: 1 kalimat utama, 1 gagasan utama, dan beberapa kalimat penjelas.

Mind map:
Contoh Soal dan Pembahasannya:
·         Mencari gagasan utama/ide pokok:

1.      Bacalah paragraf berikut!
Sebentar lagi musim penghujan akan segera tiba.Sejumlah persiapan pun dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mengantisipasi masalah banjir yang kerap menjadi langganan kala musim penghujan datang.Selain melakukan normalisasi waduk,Pemprov DKI Jakarta mulai melakukan simulasi terkait penyaluran logistik kepada warga saat banjir.Pemprov DKI Jakarta  mempelajari berdasarkan hasil evaluasi musibah banjir yang terjadi pada awal tahun sebelumnya.

Gagasan utama paragraf tersebut diatas adalah...
A.Pemprov DKI Jakarta mempelajari hasil evaluasi banjir.
B.Persiapan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.
C.Pemprov DKI Jakarta langganan banjir setiap tahun.
D.Antisipasi Pemprov DKI Jakarta terhadap banjir.
(Ujian Nasional 2013/2014)

Jawaban:D
Gagasan utama atau ide pokok adalah informasi pokok yang dibahas atau diungkapkan dalam bacaan. Gagasan utama dapat terletak di awal paragraf (deduktif), di akhir paragraf (induktif), di awal dan di akhir paragraf (deduktif-induktif) atau campuran, atau diseluruh paragraf. Paragraf tersebut berisi pernyataan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan antisipasi terhadap banjir yang menjadi langganan ketika musim penghujan datang. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan antisipasi dengan cara melakukan normalisasi waduk dan simulasi terkait penyaluran logistik kepada warga saat banjir. Jadi,gagasan utama tersebut terletak di awal paragraf kalimat kedua. Pilihan jawaban A, B, dan C merupakan kalimat penjelas/pengembang.

2.      Bacalah paragraf berikut!
Secara ekologis terumbu karang memiliki peranan sangat penting dalam menjaga keseimbangan lingkungan.Terumbu karang dapat berfungsi sebagai rumah bagi banyak jenis makhluk hidup di dalam laut. Terumbu karang menjadi tempat bagi hewan dan tanaman laut yang berkumpul untuk mencari makanan,berkembang biak,membesarkan anaknya, dan berlindung. Bagi manusia terumbu karang mempunyai potensi perikanan sangat besar, baik untuk sumber bahan makanan maupun mata pencaharian mereka.

Gagasan utama paragraf tersebut diatas adalah...
A.Terumbu karang berfungsi sebagai rumah bagi banyak jenis makhluk hidup di dalam laut.
B.Terumbu karang mempunyai potensi perikanan sangat besar untuk sumber bahan makanan.
C.Terumbu karang memiliki peranan sangat penting dalam menjaga keseimbangan lingkungan.
D.Terumbu karang menjadi tempat bagi hewan dan tanaman laut yang berkumpul untuk mencari makanan.
(Disadur dari:Nunung Yuli Eti,Keanekaragaman Kekayaan Laut dan Samudra Kita,Bandung,Cempaka Putih,2011)

Jawaban: C
Gagasan utama dapat diketahui dengan cara melihat kalimat utama/topiknya. Kalimat utama merupakan kalimat berisi gagasan utama. Kalimat utama dapat ditemukan di awal, akhir, awal dan akhir(campuran), atau diseluruh paragraf. Paragraf diatas, kalimat utamanya terletak di awal kalimat yaitu" Secara ekologis terumbu karang memiliki peranan sangat penting dalam menjaga keseimbangan lingkungan" jadi dapat disimpulkan dengan melihat kalimat utamanya kita sudah mendapatkan gagasan utama.Akan tetapi,kalimat utama ini harus ditafsir ulang untuk dicari inti sarinya saja karena gagasan utama itu adalah inti dalam suatu paragraf. dengan kata lain isi kalimat utama itu akan berbeda dengan gagasan utamanya.

·         Mencari kalimat utama/kalimat topik dan kalimat penjelas/kalimat pengembang:

1.      Bacalah paragraf berikut!
1) Ringkasan baik bukan sekadar catatan singkat. 2) Ringkasan baik berbentuk sebuah karangan. 3) Karangan terdiri atas beberapa kalimat utuh saling berkaitan satu sama lain. 4) Oleh karena itu,ringkasan merupakan rangkaian kalimat utuh.
(Dikutip dari: Uti Darmawati, Menulis Ringkasan dan Sinopsis, Jakarta, Permata Equator Media, 2008)
Kalimat utama dan kalimat penjelas paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor...

Jawaban:
Kalimat utama pada paragraf diatas terletak di awal paragraf yaitu kalimat ke-1.Karena kalimat utama itu adalah kalimat yang memiliki penjabaran yang sangat luas yang didalamnya terkandung gagasan utama.Sedangkan kalimat penjelasan terdapat pada kalimat ke 2,3,dan 4.Karena kalimat penjelas adalah kalimat yang menjelaskan isi dari pada kalimat utama.

2.      Perhatikan paragraf berikut!
1) Kentang sangat penting untuk meningkatkan fungsi otak. 2) Fungsi normal otak tergantung pada pasokan oksigen dan glukosa bersama dengan vitamin dan mineral tertentu. 3) Kentang tinggi karbohidrat mempertahankan tingkat glukosa sehingga mencegah kelelahan pada otak. 4) Karena kentang kaya akan zat besi,pasokan oksigen ke otak juga akan terpelihara dengan baik.
Kalimat utama dan kalimat penjelas paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor...

Jawaban:
Kalimat utama pada paragraf diatas terletak di awal paragraf yaitu kalimat ke-1. Karena kalimat utama itu adalah kalimat yang memiliki penjabaran yang sangat luas yang didalamnya terkandung gagasan utama. Sedangkan kalimat penjelasan terdapat pada kalimat ke 2, 3, dan 4. Karena kalimat penjelas adalah kalimat yang menjelaskan isi dari pada kalimat utama.

Nah sahabat, itulah cara menentukan gagasan utama, kalimat utama, dan kalimat penjelas dalam teks. Bagi anda yang ingin memberikan komentar berupa kritik atau saran, silahkan di kolom komentar. Sukses selalu untuk anda.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Terbaru

Bupati Blora Minta Pemprov Jateng Tuntaskan Jalan Provinsi di Blora

BLORA – Disela-sela (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Blora Tahun 2025, Kamis (28/3 /24, Bupati Blor...

Total Pageviews

Popular Posts

Blog Archive

Komunitas

SELANJUTNYA »