Pentingnya OTP, Password Dimanis Ke Handphone Anda ~ MEDIAEDUKASIANDA

Pentingnya OTP, Password Dimanis Ke Handphone Anda

mediaedukasianda,- Solusi SMS Kode OTP Tidak Terkirim Ke HandphoneKode OTP (One Time Password) adalah sebuah password dimanis yang akan dikirimkan oleh sebuah sistem keamanan langsung ke nomor handphone sang pengguna yang sudah di-registrasikan.

Kode OTP adalah password yang dimanis, terus berubah sehingga tidak mungkin untuk dicatat, dan tentunya hal ini akan meningkatkan keamanan akun pengguna secara signifikan.

Saat ini Kode OTP sudah umum digunakan dalam sistem perbankan (bank), sistem jual beli di e-commerce, bahkan akun portal game terbesar yaitu Steam juga menggunakan kode OTP sebagai pengaman.

Dengan jaminan keamanan yang kita dapatkan, tidak serta merta sistem OTP menjamin kenyamanan para penggunanya. Banyak juga kasus dimana kode OTP ini malah mempersulit penggunanya. Dari berbagai kasus, yang paling sering terjadi adalah kode OTP yang sudah kita request, tidak terkirim ke nomor handphone yang sudah kita registrasikan.

Parahnya lagi, kita harus menunggu beberapa waktu sebelum kita bisa melakukan request ulang kode OTP. Lamanya bervariasi dari 1 menit hingga 1 jam, atau mungkin lebih. Hal ini lah yang sering membuat kita jengkel.

Bagaimana solusinya jika kode OTP tidak terkirim ke handphone kita? Simak di bawah ini!

Pertama yang kita perlu tahu:
·         Penyebab kegagalan kode OTP sangat beragam. Hingga solusi yang dibutuhkan juga beragam, sesuai dengan penyebabnya.
·       Kegagalan penerimaan kode OTP sangat sering terjadi pada pengguna Smartphone. Dan, Jarang terjadi pada pengguna handphone low-end yang memiliki OS lebih simpel (terutama handphone jadul non-android).

Solusi:
·         Jika kamu baru 1x melakukan request dan gagal, maka lakukan request ulang. Jika request ke-2 juga gagal, maka tidak perlu melakukan request ke-3, karena kemungkinan besar akan gagal juga. Dan kita pun akan butuh waktu yang lebih lama untuk melakukan request ulang jika kita gagal untuk yang ke-3 kalinya. Bisa 1 jam atau lebih.
·         Jika ada opsi lain selain mengirimkan kode OTP melalui nomor handphone, maka pilihlah opsi lain tersebut. Misalnya tokopedia yang memberikan opsi, pemberian kode OTP langsung melalui telepon (bukan SMS). Ada juga sistem yang memberikan pilihan pengiriman kode OTP melalui e-mail. Dari pada pengiriman kode OTP melalui SMS yang sering gagal, alternatif-alternatif pengiriman kode OTP seperti ini jarang mengalami kegagalan.
·         Jika kamu pengguna Smartphone, maka cara pertama coba ubah date & time di smartphone kamu. Coba ganti dari setting otomatis (menyamakan waktu dari yang didapatkan dari internet) ke manual atau sebaliknya. Dan pastikan juga tanggal & waktu sudah tepat dan sesuai dengan waktu dimana kamu berada saat ini. Kemudian lakukan request ulang kode OTP.
·         Jika masih gagal, coba untuk restart smartphone kamu sebelum melakukan request ulang kode OTP.
·    Jika kamu melakukan request code OTP melalui app (android), pastikan kamu telah mengizinkan app tersebut untuk membaca SMS. Kamu dapat melakukan pengaturan permission di app setting pada masing-masing smartphone kamu.
·         Cara ini terbilang ampuh dan sering berhasil. Kamu bisa melewati cara-cara sebelumnya dan lansung mencoba cara yang satu ini jika mau. Cabut kartu perdana dari smartphone (dalam kondisi menyala. lebih aman jika dalam Airplane Mode), kemudian matikan smartphone beberapa saat, dan hidupkan lagi (jangan langsung restart). Setelah kembali hidup, masukan lagi kartu perdana dan lakukan request kode OTP.
·         Cara ampuh ke-2 yang bisa kamu lansung coba untuk menghemat waktu adalah, cabut kartu perdana yang kamu pakai, kemudian untuk sementara kamu pindahkan ke handphone lain. Lalu, kamu lakukan request kode OTP melalui/ke nomor kamu di handphone tersebut. Cara ini cukup ampuh.


Cara-cara di atas Akira dapat dari pengalaman pribadi dan kesimpulan dari beberapa postingan tentang kode OTP. Perkiraan Akira pribadi (belum terbukti), kemungkinan penyebab gagalnya pengiriman kode OTP adalah dari Smartphone itu sendiri (entah dibagian mananya).

Jika kamu masih gagal dengan cara-cara di atas, mungkin penyebab kegagalan peneriman kode OTP-nya juga berbeda. Mungkin karena memang ada gangguan pada operator saat itu, atau kamu dulu pernah sengaja atau tidak sengaja mem-blok semua SMS yang berasal dari sistem komputer (untuk menghindari spam), atau penyebab lainnya. Yang pastinya solusinya juga akan berbeda.

:: INFO UPDATE ::
Kasus seringnya gagal OTP masuk di smartphone milik anda, ternyata disebabkan oleh salah satu pengaturan Avast (salah satu antivirus untuk android) yang memiliki fungsi untuk memblok setiap sms yang dianggap spam. Umumnya, setiap sms iklan promo dari operator yang cukup mengganggu, tidak akan lagi masuk ke smartphone. Hal ini sebenarnya cukup positif. Namun sayangnya, sms OTP juga sering dianggap sebagai spam.

Sehingga kode  yang dikirim, tidak kunjung tiba pada smartphone karena diblok oleh antivirus. Demikian info tambahan yang mungkin membantu. Mematikan antivirus sebelum me-request kode OTP, mungkin menjadi salah satu solusi. Tapi, belum pasti juga setiap pengguna memiliki penyebab yang sama. Berhati-hatilah Dalam Bertransaksi secara online. Ingat!
author: Akira Asayami
Share:

1 komentar:

  1. Izin ya admin..:)
    Main dan Menangkan permainan bersama kami di ARENADOMINO 8 permainan poker online tanpa robot silahkan main dan buktikan sendiri jika kesulitan bisa
    dibantu dalam pendaftaran silahkan langsung bergabung untuk info lebih jelas WA +855 96 4967353

    ReplyDelete

Terbaru

Bupati Blora Minta Pemprov Jateng Tuntaskan Jalan Provinsi di Blora

BLORA – Disela-sela (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Blora Tahun 2025, Kamis (28/3 /24, Bupati Blor...

Total Pageviews

Popular Posts

Blog Archive

Komunitas

SELANJUTNYA »