Mental Hadapi Seleksi CPNS dan Persiapannya ~ MEDIAEDUKASIANDA

Mental Hadapi Seleksi CPNS dan Persiapannya


mediaedukasianda,- Mengerjakan sebuah ujian atau tes bukanlah hanya masalah apakah kita menguasai pokok materi atau tidak. Seringkali kita mendapati anak yang cerdas tetapi sering mendapatkan nilai yang rendah pada ujian atau tes.

Hal ini mungkin saja terjadi karena mengerjakan soal ujian atau tes menuntut proses mental yang dipengaruhi berbagai faktor.

Karena faktor mental menjadi dominan pada waktu kita mengerjakan tes atau ujian maka faktor mental ini juga mempunyai pengaruh yang besar.

Oleh karena itu, ada beberapa tips untuk hal itu yaitu :

1.      Percaya Diri.
Karena dengan anda percaya diri, rasa ketegangan anda akan sedikit lebih berkurang dan anda tidak akan merasa minder.

2.      Relax.
Tanamkan di pikiran anda mulai dari hari sebelum seleksi bahwa anda harus relax. Buang jauh-jauh pikiran negative seperti kekhawatiran dan rasa takut menghadapi ujian.

Karena rasa takut, akan membuat anda tidak merasa yakin dalam ujian seleksi.

3.      Jauhkan Rasa Khawatir Yang Terlalu Berlebihan.
Hal itu dapat mengakibatkan otak berhenti bekerja untuk sementara. Pernahkah kita mengalami kesulitan menjawab soal ketika mengerjakan tes atau ujian.

Dan jika rasa khawatir menjadi mendominasi diri anda ketika sedang mengikuti ujian, maka akan membawa dampak yang tidak baik yaitu terjadi tekanan hebat yang secara mental dan fisik, seperti bisul, muntah-muntah, depresi yang akut.

Jadi, buatlah diri anda merasa nyaman dan tenangkan fikiran anda sebelum menghadapi ujian seleksi. Oleh karena itu lakukan persiapan beberapa minggu sebelum seleksi agar otak anda lebih fresh ketika menghadapi ujian Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).
Source: latihansoal.com

Share:

1 komentar:

Terbaru

Bupati Blora Minta Pemprov Jateng Tuntaskan Jalan Provinsi di Blora

BLORA – Disela-sela (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Blora Tahun 2025, Kamis (28/3 /24, Bupati Blor...

Total Pageviews

Popular Posts

Blog Archive

Komunitas

SELANJUTNYA »