Kebutuhan Yang Harus Dibawa Saat Kuliah Kerja Nyata ~ MEDIAEDUKASIANDA

Kebutuhan Yang Harus Dibawa Saat Kuliah Kerja Nyata


mediaedukasianda,- Pada postingan kali ini aku mau bahas barang-barang apa aja yang mesti kalian bawa jika akan KKN. Beberapa bulan lalu sempet dipusingin sama list kebutuhan pas mau KKN.

Alhasil, semua dibawa. Kan nggak bagus juga ya, kalau akhirnya bawaan kita jadi kebanyakan yang nggak perlu. Yang harus diingat adalah kita harus menyesuaikan bawaan kita sesuai dengan kebutuhan. Jangan segala dibawa kalau gak mau repot sendiri. Hehe

Sebelum aku kasih tau barang apa saja yang aku bawa waktu KKN. Aku kasih tau beberapa hal yang harus kalian perhatikan sebelum kalian KKN.
1.      Pastikan kalian survey dulu minimal dua minggu atau seminggu sebelum kalian berangkat ke lokasi KKN. Kalian survey akses jalan, lokasi posko ke desa atau ke tempat-tempat strategis (warung, pasar, mesjid, rumah pak RT/RW, dll)
2.      Cek rumah yang akan kalian jadikan posko selama KKN. Apakah listriknya memadai? Apakah airnya cukup? Apakah layak untuk kalian tinggali selama sebulan? Posko ini rumah kalian selama KKN. Jadi harus senyaman mungkin. Cek juga perlengkapan seperti kasur, karpet, lampu, alat masak, dan alat kebersihan.
3.      Baca panduan KKN. Biasanya kita diberi buku panduan oleh kampus. Pahami isinya, jangan sampe ada hal-hal yang lupa dan ketinggalan. Jangan lupa juga spanduk atau plang lokasi posko atau unit dibuat jauh-jauh hari agar sudah siap pas berangkat.
4.      Sosialisasi dengan Pak RT/RW/Desa dan tetangga tempat kalian KKN. Ingat, kita lagi di desa orang. Hormati segala aturan dan adat istiadat disana. Jalin hubungan baik dengan mereka agar kegiatan kalian lancar juga. Untuk meminimalisir barang bawaan juga, pedekate sama tetangga untuk pinjem barang-barang tertentu. hahaha
5.      Pastikan bentuk struktur organisasi yang jelas. Jangan lupa program, time schedule, dan jadwal piket, ya. jangan sampai urusan bersih-bersih hanya jadi tanggung jawab satu orang atau beberapa orang. Semua orang harus kebagian dengan adil.
6.      Usahakan dilaksanakan evaluasi dan briefing setiap akan dimulai kegiatan atau program. Agar kegiatan kalian jelas dan tau mana kekurangan dan kelebihan dari kegiatan yang telah kalian laksanakan.
7.      Hindari bawa barang bawaan yang nggak perlu, baju yang terlalu banyak, atau barang sekali pakai, agar kalian nggak repot juga dengan bawaan yang super banyak.
8.      KKN biasanya banyak waktu luang, jadi bawa mainan atau yang biasa dijadikan hiburan pengisi waktu. Daripada bengong. haha
Oke, jadi ini adalah packing list aku pas KKN. Aku KKN selama sebulan mulai 25 Juli-25 Agustus 2018 di Desa Sadangmekar, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Kisah aku selama KKN  bisa dibaca di sini.

Pakaian Selama KKN
§  Jas almamater, ini pakaian wajib. Karena kita bawa nama kampus kita.
§  Baju resmi untuk hadir di rapat-rapat atau acara formal. Boleh kemeja dengan rok, atau rok dengan batik, atau celana panjang dengan kemeja atau batik, ya. (2 setel)
§  Baju untuk bepergian; gamis untuk muslimah atau pake celana jeans dan kaus (dua setel)
§  Baju olahraga. Siapa tau ada kegiatan senam ibu-libu, lomba gerak jalan, senam bareng anak SD (pas aku KKN sih, gitu)
§  Baju tidur. Kalau aku cukup celana training dan kaus lengan panjang (2 setel)
§  Kerudung. Yang langsung bawa dua, bisa untuk di posko pas lagi santai atau pas buru-buru nggak mau ribet. Yang segiempat atau pashmina bawa empat. Usahakan warna netral yang bisa cocok dengan segala warna pakaian. Jangan lupa bawa dalaman kerudung juga.
§  Jaket. Satu aja. Karena jaket ini tebal dan pasti berat kalau bawa dua juga. Atau survey dulu lokasi KKN kita apakah membutuhkan jaket lebih atau nggak. Hihi
§  Pakaian dalam secukupnya. Dikira-kira aja, ya. Haha
§  Kaus kaki, 2-3 pasang.
§  Sepatu kets atau olahraga 1 pasang. Biasanya suka ada program senam, pergi jauh yang membutuhkan alas kaki yang nyaman.
§  Sandal jepit untuk di posko
§  Sepatu pentopel atau flat shoes untuk ke acara formal. Jangan yang ber-hak tinggi, ya. Hehe

Perlengkapan Tidur

Perlengkapan tidur ini sifatnya kondisional. Kalian harus survey dulu apakah posko (rumah tinggal selama KKN) sudah ada bantal, kasur, dan selimut? Kalau aku, Ibu yang punya rumah menyediakan bantal dan kasur.

Jadi tinggal bawa selimut, deh. Hehe atau kalau di posko belum ada apa-apa, ini yang harus kalian bawa:
§  Kasur. Bisa didiskusikan dengan temen sekelompoknya yaa. Nggak usah, setiap orang bawa kasur satu. Hahaa
§  Bantal. Lebih baik bawa bantal yang kecil atau pokoknya yang simple dan gampang packingnya.
§  Selimut. Bawa sleeping bag biar simple. Jangan bawa bedcover. Karena pasti ribet dan berat.
§  Perlengkapan pribadi lain
§  Alat shalat termasuk alquran. Sewaktu aku KKN suka salat berjamaah dan tadarusan bareng tiap malam. Selain memang kewajiban, Suatu cara agar KKN kita lancar dan dimudahkan. Kita tinggal di desa yang asing, belum pernah kita kunjungi. Kadang parno juga kalau denger kisah-kisah KKN kakak tingkat kan? Hehe
§  Peralatan mandi. Handuk, Sabun mandi, pasta gigi, sikat gigi, shampoo, dll. Harus disiapkan karena siapa tau tempat KKN kalian jauh dari warung.
§  Perlengkapan untuk mencuci. Detergen, sikat cuci, dan pelembut juga boleh.
§  Makeup, jangan lupa. Sesuaikan dengan kebutuhan ya. Jangan sampe di desa tapi dandanan kayak mau kondangan. Hehe. Jangan lupa bawa sunblock dan masker. Lokasi KKN kadang panas. Bikin kulit kering, bruntusan, gatal juga. Yang aku alami awal-awal di desa gitu.
§  Jarum dan peniti.
§  Obat nyamuk.
§  P3K. Untuk kalian yang punya penyakit atau yang merasa sehat kalian bawa obat standar aja seperti: obat alergi, paracetamol, vitamin, obat maag, obat sakit perut, obat sakit kepala, obat flu dan batuk, plester, betadine, perban, alkohol, minyak kayu putih, tolak angin, dan pembalut untuk perempuan. Di lokasi KKN kadang membutuhkan tenaga yang banyak, meskipun kadang-kadang banyak nganggurnya juga.
§  Hanger untuk pakaian. Kalau aku cukup bawa tiga. Untuk pakaian yang formal aja.
§  Alat makan: sendok, gelas, piring, garpu. Usahakan bawa alat makan yang tidak mudah pecah.
§  Sarung tangan dan masker


Alat Tulis dan lain-lain

§  Buku catatan dan alat tulis. Untuk mencatat hal-hal penting selama kegiatan.
§  Laptop dan charger. Ini perlu untuk membuat laporan, program, dan administrasi lain selama KKN.
§  Trash bag untuk tempat sampah dan kantong plastik kalau-kalau suatu saat perlu.
§  Headset, charger posel, terminal, flashdisk, dll.
§  Uno, werewolf card, kaset film atau apapun itu untuk menghibur diri kala nggak ada kegiatan. Percaya deh, suatu saat pasti kalian ngerasa bosen di posko. Apalagi kalau kayak aku; di posko nggak ada tv dan sinyal.
§  Schedule board dan white board kecil. Untuk nulis jadwal kita selama KKN.
§  Gunting, selotip, double tape, spidol white board, lakban, staples.

Kebutuhan Kelompok

Jadi sewaktu aku KKN, kelompoku ada 22 orang. Kita bagi-bagi beberapa barang yang memang untuk digunakan bareng-bareng. Survey juga apakah posko kalian sudah ada alat masak, ada karpet, lampu, alat bersih-bersih, dll.
§  Setrika. List wajib. Kalian nggak mau kan pake baju kusut selama disana.
§  Printer. Di desa tempat aku KKN ngeprint itu jauh bangeett. Mana mahal pula. Jadi lebih baik bawa aja. Daripada ribet nanti.
§  Tinta dan kertas.
§  Kamera. Pentinng untuk mendokumentasikan kegiatan selama KKN. Selain ajang eksis, untuk laporan juga. hehe
§  Senter. Siapa tau kalian keluar malam-malam atau mati lampu. Jangan mengandalkan senter ponsel, ya.
§  Alat kebersihan. Cek apa di posko kalian sudah ada. Kalau belum, siap-siap bawa sapu, alat pel, lap dapur, ember.
§  Galon. Nggak usah bawa dispenser. Saran aja, mending bawa pompaan biar nggak ribet.
§  Gayung. Siapa tau di posko nggak ada.
§  Alat masak (kompor, katel, sutil, talenan, rice cooker, mangkuk tempat makanan, cobek, ulekan, pisau, sendok sayur, dll disesuaikan).
§  Tikar, untuk lantai biar nyaman. Hehe
§  Sabun cuci piring dan sponge. Ini akan boros, jadi siap-siap aja deh bawa stok. Hehe
§  Gembok. Cek dulu posko kalian udah ada kuncinya? Pasti sewaktu-waktu posko kosong. Dan kalian juga harus hati-hati jangan ditinggal gitu aja.

Konsumsi

Konsumsi ini adalah hal yang sangat penting. Biasanya diatur kelompok. Jadi sebelum KKN dilaksnakan kita sepakat menetapkan iuran untuk konsumsi selama sebulan. Pastikan makanan kalian sehat, ya. Karena KKN itu banyak kegiatan, jangan sampe karena makanan kalian nggak sehat jadi sakit.

Kalau ingin hemat, lebih baik masak. Survey dulu pasar terdekat atau warung sayur sekitar posko kamu. Atau kalau lokasi KKN kalian di wilayah petani sayur kalian akan dikasih sayur gratis asal beramah-ramahlah dengan warga sekitar. Minimal kalian dapat sayur dengan harga murah kalau nggak gratis pun. Wkwk.

Meskipun begitu, kalian harus siap-siap bawa makanan kering yang awet juga, ya.
§  Beras untuk sebulan. Standarnya sih satu kilo untuk 10 orang ya. Jadi kalau kelompok 22 orang, 2 kilo lebih tiap satu kali makan.
§  Mie instan. Katanya harus yang sehat? Kok mie? Haha. Mie boleh, tapi jangan sering-sering, ya. Kelompok aku itu yang terdiri dari 22 orang hanya beli satu dus untuk sebulan. Dan nggak tiap hari juga menunya Mie.
§  Telur. Ini per minggu ya. Jangan beli untuk satu bulan. Nggak baik juga telur yang disimpan lama.
§  Sarden. Opsional sesuai kesepakatan
§  Bumbu masak
§  Minyak goreng
§  Kali-kali kalian belanja sayur, ikan, daging sih kalo bisa. Hehe jauh dari orang tua juga harus sehat ya. ini menu masakan sewaktu KKN yang pernah aku dan teman-teman masak: tempe goreng, tempe mendoan, perkedel tahu, perkedel kentang, perkedel kentang, tumis tahu tauge, cah kiciwis, tumis sawi tahu, pindang goreng, ikan asin goreng, balado terong (yang awalnya nggak suka terong, jadi favorite), bakwan sayur, orek teri, sambal goreng tempe, pisang goreng keju, pisang nugget, dan banyaaakk. Intinya, usahakan banyak makan, dan masak bervariasi. Biar betah, nggak bosen, dan sehat juga J lain kali aku bikin postingan resep masakan pas KKN yang mudah dibuat.
§  Susu kental manis, teh, cokelat, dan kopi. Malem-malem, dingin, hujan, dan rapat, kalian akan butuh ini.
§  Camilan.

Survival Kit

o   Benang dan jarum jahit. Ini perlu kalau ada baju yang sobek misalnya.
o   Tali tambang atau rafia. Dulu sepet diledekin pas bawa ini. Tapi ternyata berguna untuk jemuran. Hehe

Oke, itu barang-barang pribadi dan kelompok yang aku dan teman-temanku bawa sewaktu KKN. Gilaaa, banyak banget, kan yaa. Sebenarnya itu disesuaikan kebutuhan aja. Tapi daripada kita susah juga di tempat KKN mending persiapan juga.

Untuk kalian yang mau KKN, lancar yaaa. Yakin, deh, KKN itu adalah hal yang paling seru sebelum kalian menghadapi padatnya semester akhir. Kalian akan nemu keluarga baru, pengalaman baru, kisah baru yang bisa kalian ceritain nanti ke teman, anak, atau cucu. Hihi
Source: aiisyahsummertime.blog - Titin Aisyah
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Terbaru

Bupati Blora Minta Pemprov Jateng Tuntaskan Jalan Provinsi di Blora

BLORA – Disela-sela (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Blora Tahun 2025, Kamis (28/3 /24, Bupati Blor...

Total Pageviews

Popular Posts

Blog Archive

Komunitas

SELANJUTNYA »