Mental Hadapi Ujian Nasional Anda ~ MEDIAEDUKASIANDA

Mental Hadapi Ujian Nasional Anda


mediaedukasianda,- Ujian Nasional sudah tinggal menghitung hari nih, sob. Apa yang sudah kalian persiapkan untuk menghadapinya?

Mungkin di sekolah kalian sering mengadakan pemantapan UN, sering belajar cara mudah mengerjakan soal UN di internet, sering latihan soal dari buku Persiapan UN, atau juga ikut Bimbingan Belajar Intensif UN. Semua itu memang harus dipersiapkan dengan matang, tapi bagaimana dengan persiapan mental sobat dalam menghadapi UN?

Kali ini Kami akan membagikan tips mental kepada sobat semua untuk menghadapi Ujian Nasional. Tips ini sudah banyak dibuktikan oleh Admin sendiri maupun orang-orang yang pernah mengahadapi UN sebelumnya. Adapun Tipsnya ialah sebagai berikut:

1.      Minta Restu dari Orang Tua

Minta restu pada orang tua ini bukan hanya sebatas pada minta doa-nya saja agar dilancarkan, namun berbuatlah apa yang dapat orang tua kalian Ridho. Misal kalian bisa meringankan pekerjaan ibu kalian saat di rumah, seperti menyapu, mencuci piring, atau lain-lain. Ini ga hanya berlaku untuk cewek saja loh bro, tapi kamu yang cowok juga bisa melakukannya.


2.      Ubah Paradigmamu tentang UN


Kebanyakan dari kita berpikir bahwa UN merupakan sesuatu yang "horor". Kita selalu dibayangi oleh rasa TAKUT TIDAK LULUS. Nah coba ubah pikiranmu ini mulai dari sekarang.

Semakin kalian berpikir "horor" tentang Ujian Nasional, maka kalian akan semakin tertekan, sehingga kalian menjadi kaku dang kurang Percaya Diri menghadapi UN.

Nyatanya, UN bukanlah satu-satunya penentu kelulusan, akan tetapi masih ada ujian lain yang menentukan seperti Ujian Sekolah dan Ujian Praktek. Keduanya punya bobot yang besar dalam menentukan kelulusanmu sob. Nah sekarang bagaimana sih cara mengubah pikiran kita ini, ikuti cara ini:

PD saja, jangan terpengaruh oleh persepsi orang diluar yang menyatakan bahwa UN adalah "Ujian Penjagalan". Hadapi dengan biasa saja tapi serius dalam mempersiapkannya.
Sugestikan  bahwa UN seperti UAS saja dan rasakan feel-nya. Dengan begitu beban pikiranmu akan sedikit berkurang.
Hilangkan bayangan TAKUT TIDAK LULUS. Selama Ujian Sekolah dan Praktekmu serta Sikap dan Perilakumu bagus, kenapa harus takut tidak lulus
FYI, soal UN ternyata lebih gampang loh dibandingkan soal UAS atau Soal Tryout dari beberapa kampus.

3.      Jangan Belajar saat 1 hari sebelum UN

Kok ga boleh belajar? Ya, pergunakan H-1 UN sebagai waktu rileks-mu saat menghadapi soal UN besok. Kalian bisa mempersiapkan fisik dan psikologis agar tidak stress dengan cara nonton TV atau bermain permainan yang membuat fresh otak.

Sebenarnya kita boleh saja membuka buku, tapi itu hanya untuk me-review saja, bukan untuk belajar ekstra. Jangan buat otakmu terfosir kembali dengan belajar ekstra.



4.      Jaga Fisik dan Kondisi Badanmu

Fisik dan kondisi badanmu ternyata bisa mempengaruhi mentalmu loh! Jika fisik dan kondisi badan lemah, kalian akan menjadi stress sendiri, "nanti UN gimana ya kalo kondisi badan lagi begini, takutnya malah ga bisa jawab soal dengan maksimal".

Jaga kondisi badanmu dengan tidak melakukan aktivitas yang berlebihan dan juga perbanyak makanan yang bergizi agar tubuhmu kuat. Jangan pula hujan-hujan ya sob, terlebih dalam kondisi peralihan musim seperti ini, penyakit mudah hinggap di tubuh kita.

5.      PD Dengan Berbagai Latihan Soal

Dengan banyak berlatih soal-soal UN, maka mental dan rasa percaya dirimu akan terbangun. Kalian akan banyak menemui model-model soal yang sering keluar dalam UN dan tentu punya trik tersendiri dalam menghadapinya.

Sugestikan Bahwa Nilai UN-mu Bisa Lebih Bagus Dibanding Temanmu yang Ikut Bimbel Intensif UN


Ini penting bagi kalian yang merasa down atau tersaingi dengan temanmu yang ikutan bimbel intensif UN. Memang nilai UN mulai dipertimbangkan dalam Seleksi PTN. Tapi kalian ga boleh merasa minder loh.

Coba kalian ikut belajar bersama dengan temanmu yang ikut bimbel khusus, pelajari trik dan cara pengerjaannya yang ia dapat dari bimbel, lalu kalian kembangkan caranya. Kalian juga harus punya sugesti dalam diri kalian, bahwa saya juga bisa nilai UN tinggi walau tidak ikut bimbel intensif

6.      Banyak Berdoa dan Bertawakal Pada Tuhan

Doa sangatlah penting dalam setiap urusan kita, termasuk dalam menghadapi UN. Tanpa ke-Ridhoan-NYA tentu kita takkan bisa menghadapi UN dengan lancar. Perbanyaklah Doa dan bertawakkal pada Tuhan dengan sungguh-sungguh.

Oya ternyata dengan berdoa dan bertawakkal juga bisa meringankan beban yang ada di pikiran kita loh dan juga bisa membuat pikiran kita fresh karena kita menyerahkan urusan kita atas keridhoan-NYA.
Source: blogmfe.blog
Share:

2 komentar:

  1. numpang promote ya min ^^
    buat kamu yang lagi bosan dan ingin mengisi waktu luang dengan menambah penghasilan yuk gabung di di situs kami www.fanspoker.com
    kesempatan menang lebih besar yakin ngak nyesel deh ^^,di tunggu ya.
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete
  2. Izin ya admin..:)
    Halloo kami dari ARENADOMINO ingin mengajak anda semua pecinta games poker untuk bermain disini permainan fairplay menanti anda semua dan 100% no robot player vs player
    yuk silahkan langsung bermain dengan kami proses mudah cepat dan nyaman jika kesulitan dalam pendaftaran dapat juga dibantu ya bisa dari live chat ataupun dari WA +855 96 4967353 silahkan ..

    ReplyDelete

Terbaru

Bupati Blora Minta Pemprov Jateng Tuntaskan Jalan Provinsi di Blora

BLORA – Disela-sela (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Blora Tahun 2025, Kamis (28/3 /24, Bupati Blor...

Total Pageviews

Popular Posts

Blog Archive

Komunitas

SELANJUTNYA »