Cara Membuka Usaha Online Shop Paling Mudah? ~ MEDIAEDUKASIANDA

Cara Membuka Usaha Online Shop Paling Mudah?


mediaedukasianda,- Dengan semakin tingginya biaya kebutuhan hidup, kini pendapatan utama terkadang tidak mencukupi. Dengan demikian, kamu dipaksa untuk mencari alternatif pemasukan lain, misalnya saja dengan bisnis sampingan.

Bisnis online merupakan sebuah lahan yang berpotensi memberi keuntungan. Dengan modal kecil, Anda bisa memulai bisnis tanpa mengganggu jadwal kerja Anda.

Bisnis online memberikan tawaran yang menarik dengan risiko rendah dan potensi keuntungan yang tinggi.

Tetapi, Anda harus cerdas dalam mengelola bisnis sampingan ini. Jangan sampai tujuan menghasilkan keuntungan malah buntung.

Dengan demikian, kami sudah merangkum bagaimana cara membuka usaha online shop bagi pemula. Mari kita simak bersama!

Sayangnya, memulai bisnis online tidak semudah yang dibayangkan. Kadangkala kita  banyak melakukan kesalahan sehingga bisnis itu jarang sekali menghasilkan keuntungan.

Nah, jika Anda tidak ingin seperti saya, Anda bisa mengikuti panduan berikut ini.

Cara Membuka Usaha Online Shop
Pertama-tama, saya ingin mengungkapkan bahwa pengertian usaha online shop bisa sangat luas mengingat semua bisnis yang dijalankan dengan internet bisa masuk ke kategori ini.

Meskipun sebenarnya tidak ada patokan tentang apa yang benar dan apa yang salah dalam memulai usaha, namun saya belajar banyak dari pengalaman tadi.

Ada 5 cara yang sangatlah penting dalam memulai usaha online shop.

1.Lakukan Riset: Cari Pasar dan Produk yang Tepat

Langkah pertama adalah menentukan produk atau jasa yang ingin Anda jual. Pikirkan dengan matang apakah yang menjadi passion Anda dan berpotensi untuk diperjualbelikan.

Jika Anda masih juga bingung, cobalah beberapa tips berikut:

1.      Lihatlah sekitar Anda, maka Anda bisa menentukan apakah produk atau jasa yang dibutuhkan dan diminati banyak orang.
2.      Jadilah seorang problem solver, saat Anda menemukan masalah di sekitar, pikirkan produk atau jasa yang bisa menjadi solusinya.
3.      Perhatikan kemampuan dan pengetahuan serta passion Anda, pikirkan apa yang bisa Anda jual dengan lebih baik daripada orang lain.
4.      Pikirkan bagaimana produk atau jasa tersebut bisa ditukar menjadi sebuah nilai yang berarti.

Dengan kata lain, jangan langsung menentukan produknya, tetapi Anda harus mengetahui kebutuhan dan minat masyarakat sekitar terlebih dahulu. Kemudian melihat pengetahuan dan kemampuan Anda untuk meng-upgrade produk atau jasa menjadi lebih baik.

Setelah itu, barulah Anda bisa menentukan produk atau jasa yang berpotensi untuk membawa kesuksesan dalam bisnis Anda.

2.Punya Toko Online

Selanjutnya, Anda perlu menentukan sarana dalam proses jual beli tersebut. Apakah Anda ingin membuka sebuah gerai, atau membuka website?

Karena dalam topik kali ini yang dibahas adalah bisnis online, maka Anda bisa mempertimbangkan membuka sebuah website, marketplace, media chat sosial, atau akun media sosial sebagai sarananya.

Pastikan lagi media ini tepat dan menyasar pada target pembeli produk atau jasa yang Anda jual, misalnya:
·         Jika Anda ingin menarget anak muda, gunakan media sosial yang digemari anak muda seperti Instagram dan Twitter.
·         Jika Anda ingin menarget keluarga dan kelompok yang lebih luas, Anda bisa menggunakan BukaLapak atau Facebook.

Jika modal yang dimiliki sedikit dan Anda baru saja memulai, disarankan untuk menggunakan sarana yang sudah ada, misalnya:
·         Marketplace: Bukalapak, Tokopedia, Shoppee, dan sebagainya
·         Media sosial: Facebook, Twitter, Instagram, dan sebagainya
·         Aplikasi social chat: BBM, LINE, WhatsApp, dan sebagainya

Jika bisnis semakin berkembang, maka Anda bisa mulai membuat website sendiri. Mengapa? Karena membuat sebuah website membutuhkan biaya. Dengan kata lain, modal Anda bertambah.

Tips:
Anda bisa dengan mudah berjualan di marketplace. Beberapa contohnya adalah sebagai berikut:
·         Tokopedia
·         Bukalapak
·         Kaskus FJB
·         OLX
·         eBay (internasional)


3.Pelajari Pemasaran Digital

Setelah tokonya tersedia, kini saatnya mulai berjualan. Namun sayangnya sebagus apapun produk atau jasanya, akan sia-sia jika produknya tidak diketahui orang.

Anda bisa memulai pemasaran digital dengan memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan lain sebagainya.

Saat ini, internet sudah sangat banyak membantu, dan aksesnya mudah serta luas. Dengan demikian, media sosial kini menjadi salah satu sarana pemasaran yang efektif.

Selain itu, gunakanlah juga marketplace untuk memperluas jaringan Anda. Dengan memamerkan produk dan jasa di marketplace, produk Anda akan diketahui publik lebih cepat.

Nah, jika keduanya masih kurang efektif, Anda bisa buat blog sederhana dan gratisan, melalui blogger, medium, tumblr atau situs lainnya. Fungsinya sebagai tempat untuk menuliskan testimonial, penjelasan produk dan lain sebagainya.

Terakhir, gunakan teknik pemasaran yang lebih menyeluruh seperti memanfaatkan SEO dalam situs pencarian seperti Google.

Dengan memahami SEO, secara tidak langsung Anda mempermudah pencarian produk Anda di dunia maya.

4.Hati-Hati dengan Manajemen Keuangan

Masalah keuangan adalah salah satu penyebab kegagalan usaha online shop paling utama. Banyak yang terjerumus dalam kegagalan hanya karena gagal me-manage keuangannya.

Apabila Anda ingin sukses memulai usaha online shop, mulailah anggap penting manajemen keuangannya. Misalnya dengan memperlakukan bisnis dengan professional.

Sebagai contoh adalah dengan memisahkan uang pribadi dan uang bisnis agar tidak pernah tercampur.

Kemudian Anda harus mulai menentukan modal awal bisnis, seperti biaya izin usaha, peralatan, branding, riset pasar, penyimpanan, dan sebagainya.

Biaya ini kemudian dilanjutkan dengan biaya operasional seperti biaya perawatan, marketing dan iklan, biaya produksi, bahan baku, upah pegawai, dan sebagainya.

Anda bisa membuat sistem keuangan sendiri atau menyewa jasa akuntan sehingga sistem yang dibuat semakin jelas dan terjamin.

5.Kembangkan ke Produk Lainnya

Jika Anda berhasil dengan produk yang satu, maka Anda dapat mencoba melanjutkan langkah 1–4 untuk produk Anda berikutnya.

Mulailah Usaha Online Shop Anda!
Nah, sudahkah Anda terbayang seperti apa cara membuka usaha online shop? Kini pertanyaan-pertanyaan di kepala Anda sudah terjawab.

Anda tidak perlu ragu lagi dan bisa memulai usaha online sukses milik Anda sendiri. Jika Anda berhasil, jangan lupa untuk berikan komentar di kolom komentar dan bagikan artikel ini kepada teman-teman yang juga sedang mempertimbangkan untuk membuka bisnis online.

Ingat! Hati-hati Mengelola berdagang secara online, pertimbangkan biaya-biaya dan keuntungannya. Semoga berhasil.
Share:

1 komentar:

  1. Izin ya admin..:)
    Halloo kami dari ARENADOMINO ingin mengajak anda semua pecinta games poker untuk bermain disini permainan fairplay menanti anda semua dan 100% no robot player vs player
    yuk silahkan langsung bermain dengan kami proses mudah cepat dan nyaman jika kesulitan dalam pendaftaran dapat juga dibantu ya bisa dari live chat ataupun dari WA +855 96 4967353 silahkan ..

    ReplyDelete

Terbaru

Bupati Blora Minta Pemprov Jateng Tuntaskan Jalan Provinsi di Blora

BLORA – Disela-sela (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Blora Tahun 2025, Kamis (28/3 /24, Bupati Blor...

Total Pageviews

Popular Posts

Blog Archive

Komunitas

SELANJUTNYA »