Perkemahan Sabtu Minggu, Persami ~ MEDIAEDUKASIANDA

Perkemahan Sabtu Minggu, Persami


mediaedukasianda,- Gerakan pramuka sebagai wadah pembinaan generasi muda yang mempunyai tugas pokok yakni: mempersiapkan generasi muda yang cakap mental, terampil, bermoral, berahklak mulia menuju manusia seutuhnya, dan berperan aktif dalam mengisi kemerdekaan nasional sehingga terwujud masyarakat indonesia yang adil, makmur dan penuh kedamaian di bawah lindungan Allah SWT.

Pendidikan kepramukaan di selenggarakan dalam berbagai bentuk kegiatan dan kreatifitas yang mengandung pendidikan menggunakan prinsip dasar kepramukaan agar hasilnya sesuai dengan harapan individu, masyarakat, agama dan bangsa Indonesia pada umumnya.

Untuk mencapai dan memenuhi tujuan tersebut di atas, maka Kwarda Pramuka Kota Anda  sebagai salah satu wadah pembinaan generasi muda mempunyai program kegiatan Persami di gugus depan dan juga merupakan salah  satu program dewan kerja pada Kwarcab maupun Kwarda Pramuka Jambi.

Dasar Kegiatan
1.       Undang-undang No.12 Tahun 2010 Tentang gerakan Pramuka;
2.       Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Pramuka;
3.    Program DKD (Kerja Dewan Kerja Daerah)  pada masing-masing Kwarcab ataupun Kwarda Pramuka Jambi.

Maksud

Kegiatan perkemahan Sabtu-Minggu (PERSAMI) tahun 2014 yang di selenggarakan dengan maksud sebagai berikut:
1.      Menggalang persatuan dan kesatuan antara sesama anggota Pramuka;
2.      Sebagai wadah pertemuan dan silaturahmi dalam mempererat komunikasi serta membangkitkan kebersamaan antar sesama komunitas Pramuka;
3.      Mempersiapkan mental dan kepribadian bagi anggota Pramuka;
4. Memperkenalkan kepada para kader gugus depan  tentang jati diri kepramukaan.

Tujuan

Tujuan yang akan di capai adalah:
1.      Terbinanya mental dan disiplin para remaja melalui berbagai varian kegiatan  pramuka;
2.      Melatih untuk selalu hidup berlomba-lomba dalam kebaikan dan perbuatan positif  dengan tujuan membangkitkan semangat Nasinalisme;
3.      Berkembangnya pengetahuan dan keterampilan serta pengalaman yang di dapat oleh pramuka pada tingkatan penggalang;
4.      Bahwa kegiatan persami mengajak simpatisan pramuka untuk mendidik  kader pramuka.  Dimana sebagai kader patriotisme dan 18 karakter budaya bangsa serta menumbuhkan jiwa nasionalisme;
5.      Mencegah kenakalan remaja yang sering muncul pada saat sabtu minggu dengan berbagai kegiatannya yang mengarah kepada kenakalan remaja, misalnya kebutan motor/ balapan motor dijalan raya, kumpulnya komunitas geng motor atau geng lainnya yang lebih cenderung  ke arah negatif misalnya kumpul-kumpul anak muda yang diserta dengan acara menenggak minuman keras (miras) dan menghisap rokok,  ganja, sabu-sabu serta mengkonsumsi narkoba.

Sasaran
Sasaran yang di capai adalah:
1.      Meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT;
2.      Meningkatkan persatuan dan kesatuan serta rasa persaudaraan antar sesama anggota Pasukan;
3.      Meningkatkan kreatifitas, kedisiplinan, jiwa kepemimpinan jasmani serta rohani;
4.      Bertambahnya pengalaman, keterampilan dan pengetahuan;
5.      Meningkatkan prestasi dalam bidang kepramukaan;
6.      Memperkenalkan sekaligus mempromosikan gerakan pramuka kepada calon anggota baru.


Nama Kegiatan

Kegiatan ini di beri nama “perkemahan sabtu minggu” (PERSAMI) dan  rangkaian kegiatannya antara lain adalah sebagai berikut jurid malam, olahraga, kesehatan dan ketangguhan aral rintang,  kegiatan lapangan yang kreatif, inovatif dan mendidik ketangguhan kemandirian.

Tema Dan Moto


Tema kegiatan ini adalah Perkemahan Sabtu Minggu (PERSAMI)  sebagai media untuk memupuk jiwa kebersamaan, mental kemandirian, menjauhkan generasi muda dari kerusakan kepribadian akibat salah pergaulan, menjauhkan diri dari kenakalan remaja, menjauhkan diri dari kegiatan geng motor dan sejenisnya. 

Selain itu juga berfungsi  sebagai alat pemersatu tali persaudaraan dan kaderisasi kepemimpinan untuk masa depan, serta moto kegiatan ini adalah satukan Tujuan wujudkan Karakter Generasi  Berketuhanan Yang Maha Esa, Mental Para Remaja Yang Mandiri, , Berani, Tanggap Tanggon Dan Trengginas, Memiliki Semangat Kejuangan  Demi Kejayaan Nkri, Serta Raga  Yang Kuat Untuk Membela Negaranya Dari Rong-Rongan Musuh.

Saran:
Kegiatan Perkemahaan Sabtu Minggu (Persami) hendaknya diisi dengan berbagai kegiatan yang penuh inovatif, kreatif dan inisiatif tanpa harus meninggalkan pakemnya.
Kegiatan perkemahan Sabtu minggu hendaknya didukung dengan  perbekalan yang cukup guna memperlancar proses kegiatan dan berfungsinya. Selain itu juga berfungsi  untuk menimbulkan spirit atau menumbuhkan moril bagi para pelaksananya sehingga kegiatan persami yang akan diselenggarakan dapat berjalan dengan lancar.

Mengingat bermanfaatnya  kegiatan persami ini hendaknya mendapat dukungan sepenuhnya dari para orang tua, karena pada dasarnya   sasarannya adalah pembinaan generasi muda yang memiliki sifat kemandirian, tangguh dan berkarakter. 

Pembinaan Kepramukaan yang berada pada lini terdepan yaitu sekolah-sekolah dengan istilah gugus depan (Gudep), ternyata memiliki peran yang luar biasa pentingnya, karena menyentuh langsung pada lapisan masyarakat mendasar pada tataran pedesaan, kecamatan, kota dan kabupaten. 

Perlunya  perencanaan kegiatan yang  terinci, akurat, tranparan,  akuntable, dan profesional, terutama  jumlah pembina dan para pengawas kegiatan persami dalam rangka mencegah  hal-hal yang tidak diinginkan.  Mendukung motto antara lain ,”Mengatasi masalah tanpa membangkitkan masalah, hindari munculnya ekses”.

Kesimpulan:

Kegiatan persami ini setelah beberapa saat digerakkan, ternyata memiliki dampak yang signifikan, antara lain yaitu berubahnya situasi malam  minggu yang mana tempat-tempat tongkrongan yang biasanya kedapat  dan berkumpulnya para anak muda misalnya geng motor corner, lesehan mojok trotoar, areal monas, taman remaja, dan arena kebutan motor menjadi sepi dan lengang.

Kegiatan persami, menumbuhkan image  bahwa Pramuka lebih  dekat dengan lingkungan alam dan masyarakat  (generasi muda komunitas anak sekolah), selain  juga berfungsi untuk  menambah wawasan, kecakapan dan keberanian kepada para peserta gudep yang tergabung dalam berbagai kegiatan Pramuka persami.

Persami merupakan resep dan jurus yang paling jitu untuk menghabiskan kelebihan energi para anak muda yang cenderung meletup-letup, energi yang liar, sehingga diakhir minggu pagi menjelang siang, mereka dapat melaksanakan istirahat  secara total dan nikmat guna kesiapan aktivitas  sekolah pada senin paginya.

Demikian naskah  kegiatan dukungan terhadap aktifitas Pramuka dalam agenda persami  ini dipaparkan,  untuk dijadikan referensi dan bahan dalam membangun generasi  yang  sesuai dengan cita-cita harapan bangsa dan negara. (dadang blogs)
Source: dadangshmh.blog - Dadang Djoko Karyanto
Share:

1 komentar:

  1. numpang promote ya min ^^
    Ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    ReplyDelete

Terbaru

Bupati Blora Minta Pemprov Jateng Tuntaskan Jalan Provinsi di Blora

BLORA – Disela-sela (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Blora Tahun 2025, Kamis (28/3 /24, Bupati Blor...

Total Pageviews

Popular Posts

Blog Archive

Komunitas

SELANJUTNYA »