Anak Anda Nyaman Saat Hari Pertama Masuk Sekolah ~ MEDIAEDUKASIANDA

Anak Anda Nyaman Saat Hari Pertama Masuk Sekolah


mediaedukasianda,- Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Masuk sekolah untuk yang pertama kalinya adalah momen yang mendebarkan sekaligus ditunggu-tunggu, baik bagi orangtua maupun anak itu sendiri.

Akan tetapi, siasanya anak akan rewel ketika pertama kali masuk sekolah. Nah, bagaimana cara membuat si kecil nyaman saat menjalani hari pertama sekolah? Yuk mari simak beberapa tips berikut.

1. Tunjukkan Dulu Sekolah Itu Seperti Apa
Supaya anak tidak merasa asing dengan lingkungan yang akan dijalaninya, perkenalkan seluk-beluk mengenai sekolah kepada si buah hati. Beberapa cara yang dapat digunakan antara lain dengan menunjukkan berbagai gambar lingkungan sekolah, mengajak menonton video tentang asyiknya kegiatan di sekolah, menyanyikan lagu mengenai senangnya bersekolah, membuat cerita sebelum tidur dengan tema sekolah, dan lain-lain.

Setelah memperkenalkan hal-hal mengenai sekolah, ada baiknya ajak anak Anda untuk berjalan-jalan mengitari lingkungan sekolah di mana si kecil akan menuntut ilmu nantinya. Kunjungan dapat dilakukan mulai dari bagian halaman sekolah, ruangan kelas, hingga tempat berkumpul dan bermain dengan teman-teman sebaya.

2. Persiapkan Bekal Anak Dengan Baik
Satu hal yang hendaknya tidak dilupakan oleh orangtua adalah mempersiapkan bekal untuk si kecil dengan baik. Bekal dapat berisi makanan dan minuman favorit anak agar ia semakin semangat saat masuk sekolah.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah tempat penyimpanan makanan tersebut. Jangan sampai anak Anda kesulitan membuka wadah penyimpanan makanan sehingga menimbulkan trauma dalam benak si kecil.


3. Antar Anak Di Hari Pertama Masuk Sekolah
Setelah berbagai persiapan sebelum masuk sekolah sudah dilakukan, sekarang saatnya mengantar buah hati Anda ke sekolah. Pada hari pertama bersekolah, antar dan temani anak agar ia tidak merasa ditinggalkan oleh orangtuanya.

Saat menemaninya bersekolah, ada kalanya Anda harus “menghilang” beberapa waktu dari pandangannya agar anak terlatih untuk tidak melulu ditemani orangtua pada hari-hari berikutnya. Bila anak rewel dan memaksa untuk terus-terusan ditemani orangtua, jangan menuruti kemauannya karena nanti akan menjadi kebiasaan. Beri pengertian bahwa ketika di sekolah, anak tidak bisa menempel dengan orangtua. Minta anak untuk bermain dengan teman-teman dan gurunya saja.

4. Beri Penghargaan
Apabila anak berhasil menjalani hari pertamanya bersekolah dengan baik, berikan penghargaan kepadanya agar si kecil semakin termotivasi dan betah di sekolah. Apresiasi dapat berupa pujian lisan, menandai tanggal pertama bersekolah di kalendernya dengan gambar senyuman, mengajaknya jalan-jalan, dan lain-lain.

5. Bangun Kerja Sama Dengan Guru
Bagi anak yang memiliki kondisi atau penyakit tertentu, komunikasikan hal tersebut kepada pengajar di sekolah agar si kecil mendapat perhatian khusus. Sebagai contoh, apabila anak memiliki penyakit asma, maka beri tahukan hal tersebut kepada para guru sehingga anak dapat ditempatkan jauh dari paparan debu atau pendingin ruangan.
Source: hellosehat.com - dr. William
Share:

2 komentar:

  1. numpang promote ya min ^^
    Ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    ReplyDelete

  2. Izin ya admin..:)
    Yuk mainkan permainan POKER No ROBOT 100% silahkan langsung saja merapat dan bermain POKER bersama kami di ARENADOMINO ditunggu ya gan.. :) WA +855 96 4967353

    ReplyDelete

Terbaru

Bupati Blora Minta Pemprov Jateng Tuntaskan Jalan Provinsi di Blora

BLORA – Disela-sela (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Blora Tahun 2025, Kamis (28/3 /24, Bupati Blor...

Total Pageviews

Popular Posts

Blog Archive

Komunitas

SELANJUTNYA »