Penyebab Gusi Berdarah, Kenali Dan Cara Mengatasi ~ MEDIAEDUKASIANDA

Penyebab Gusi Berdarah, Kenali Dan Cara Mengatasi

mediaedukasianda,- Banyak orang yang sering mengalami gusi berdarah. Mungkin Anda tidak akan sadar bahwa gusi Anda bermasalah, tiba-tiba saja dikala menggosok gigi pada sikat gigi terdapat bercak darah. Ini merupakan tanda awal Anda mengalami gusi berdarah.

Gusi yang berdarah jangan Anda anggap sepele, bila hal ini dibiarkan saja sanggup jadi gusi Anda akan mengalami pendarahan dan akan mengganggu kesehatan Anda. Gusi yang sering berdarah sanggup terjadi pada siapa saja dan kapan saja.

Oleh lantaran itu Anda perlu untuk mengetahui apa saja penyebab gusi berdarah biar sanggup menghindari biar gusi tidak berdarah lagi. Berikut beberapa penyebab yang menjadi faktor utama gusi berdarah.

1.Jarang Menggosok Gigi
Penyebab gusi berdarah yang pertama ialah jarang menggosok gigi. Menggosok gigi merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan gigi dan menjaga lisan tetap bersih. Jarang menggosok gigi sanggup menjadikan gusi menjadi infeksi dan berdarah. Pendarahan pada gusi ini disebabkan gigi menjadi sarang basil lantaran jarang dibersihkan. Selain itu, menggosok gigi terlalu keras juga sanggup menimbulkan gusi mengalami luka dan mengeluarkan darah. Tidak perlu terlalu keras menggosok gigi gunakan sikat gigi yang berbulu lembut dan kondusif untuk gusi.

2.Terdapat Karang Gigi
Karang gigi merupakan penyebab gusi berdarah yang selanjutnya. Karang gigi ini terbentuk lantaran gigi kurang dirawat. Penumpukan karang pada gigi sanggup menjadikan gusi mengalami pendarahan. Sebelum mengalami pendarahan gusi biasanya didahului dengan gusi yang infeksi dan rasa sakit gigi yang sangat sakit. Karang gigi sanggup dihilangkan dengan cara pergi ke dokter gigi dan minta dibersihkan karang yang ada pada gigi Anda.


 3.Radang Pada Gusi
Radang atau infeksi pada gusi biasa disebut dengan gingivitis. Gingivitis merupakan keadaan dimana gusi mengalami pembengkakan dan mengeluarkan darah. Gingivitis terjadi lantaran penumpukan karang, plak, basil lantaran sisa-sisa masakan yang tidak di bersihkan. Jika hal ini diteruskan sanggup jadi Anda akan mengalami penyakit lisan yang sangat berbahaya.

4.Perubahan Hormon
Penyebab gusi berdarah yang selanjutnya yaitu lantaran perubahan hormon. Perubahan hormon yang sangat drastis sanggup menimbulkan kesehatan menurun dan kekebalan badan menjadi kurang. Perubahan hormon yang paling mencolok ialah dikala sedang hamil. Ketika hamil hormon pada badan semakin bertambah dan sanggup menimbulkan beberapa gangguan, salah satunya yaitu gusi berdarah. Semakin parah dibiarkan makan semakin rusak gusi Anda.

5.Periodontal
Periodontal merupakan salah satu penyakit yang bekerjasama dengan kesehatan mulut. Periodontal terjadi bila gingivitis tidak diatasi dengan baik dan benar kesudahannya gusi akan mengalami pendarahan dan menimbulkan rasa sakit. Penyebab gusi berdarah lantaran sakit periodontal ini sanggup diatasi dengan rajin menggosok gigi aga tetap sehat.

6.Gangguan Peredaran Darah
Penyebab gusi mengalami pendarahan yang terakhir yaitu lantaran ada gangguan peredaran darah pada gusi. Peredaran darah yang tidak teratur menjadikan lisan atau gusi mengalami pendarahan.
Source: sweet-sweet-xoxo.blogspot.com / Indrawati Supono 
Share:

1 komentar:

  1. Izin ya admin..:)
    Hadir dan Menangkan hadiah nya tempat bermain poker 8 game dengan hanya 1 userid saja sudah bisa menikmati permainan kami di arenadomino(com)
    silahkan langsung daftarkan diri anda bersama kami dengan pelayanan 24jam dan proses cepat yang kami berikan untuk kenyamanan anda semua dalam bermain di tempat kami segera bergabung peluang menang menunggu anda...
    WA +855 96 4967353

    ReplyDelete

Terbaru

Bupati Blora Minta Pemprov Jateng Tuntaskan Jalan Provinsi di Blora

BLORA – Disela-sela (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Blora Tahun 2025, Kamis (28/3 /24, Bupati Blor...

Total Pageviews

Popular Posts

Blog Archive

Komunitas

SELANJUTNYA »