Libur Hari Raya Idul Adha 2019, Rencanakan Sekarang ! ~ MEDIAEDUKASIANDA

Libur Hari Raya Idul Adha 2019, Rencanakan Sekarang !


mediaedukasianda,- Rencanakan liburan mulai saat ini, planning tepat, harga bersahabat dengan agen traveling terdekat! Manfaatkan Liburan Hari Raya Idul Adha 2019 anda bersama keluarga terdekat.

Idul Adha  menjadi hari raya lainnya bagi umat Islam selain Idul Fitri. Beberapa orang menyebut Idul Adha  dengan istilah Hari Raya Kurban. Hal ini dikarenakan pada saat Idul Adha , umat muslim yang berkecukupan dihimbau untuk menyembelih hewan kurban.

Umumnya, hewan yang disembelih adalah kambing atau sapi. Selain itu, hari raya ini juga disebut sebagai puncaknya ibadah Haji yang dilaksanakan oleh umat Muslim, hingga beberapa orang menyebutnya sebagai Lebaran Haji.

Idul Adha  juga telah ditetapkan sebagai hari libur nasional oleh Pemerintah Indonesia. Penetapan Idul Adha  berdasarkan kalender Hijriah, tepatnya pada tanggal 10 di bulan Dzulhijjah. Perlu diketahui, bulan Dzulhijjah merupakan bulan terakhir tahun Hijriah dalam penanggalan Islam. Setiap tahunnya, Idul Adha  jatuh pada 70 hari setelah perayaan Hari Raya Idul Fitri.

Tahun             Tanggal          Hari                 Hari Libur
2019               12 Agustus     Senin              Liburan Hari Raya Idul Adha
2020               31 Juli             Jum'at             Liburan Hari Raya Idul Adha

Libur nasional Idul Adha  2019 diperkirakan berlangung pada hari Senin, 12 Agustus. Hal ini berarti Anda berkesempatan untuk mendapatkan libur panjang selama Idul Adha. Terlebih, bagi Anda yang bekerja dalam waktu 5 hari perminggu. Anda bisa menjadwalkan keberangkatan pada Jumat malam dan pulang di hari Senin. Dengan begitu, Anda mendapatkan waktu berlibur ke kampung halaman selama 4 hari 3 malam.

Sementara itu, di 2020 penetapan Idul Adha  diprediksi jatuh pada tanggal 31 Juli bertepatan dengan hari Jumat. Tentu saja, long weekend ini dapat dimanfaatkan untuk bepergian jarak jauh. Bagi yang tidak mudik, Anda dapat memanfaatkan liburan ini untuk berlibur bersama keluarga. Anda bisa berkunjung ke Bali atau Lombok jika berencana liburan di dalam negeri. Namun, jika ke luar negeri negara-negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, Thailand dan Hong Kong juga bisa jadi rekomendasi.

Pembagian daging kurban
Sebelum proses penyembelihan hewan kurban berlangsung, umat muslim terlebih dahulu melakukan ibadah salat ied berjamaah. Selanjutnya, pihak panitia Idul Adha  akan melanjutkan kegiatan dengan menyembelih hewan-hewan kurban secara bergantian. Tentu saja, sebelum disembelih, jagal akan membaca takbir dan doa. Saat menyembelih, pisau dipastikan harus tajam agar sehingga urat nadi hewan kurban langsung terpotong.

Setelah selesai, daging kurban pun akan segera dibagikan. Baik daging sapi atau kambing, keduanya dibagi ke dalam tiga porsi. Porsi pertama dibagikan ke keluarga yang memiliki hewan kurban. Sementara porsi kedua diberikan kepada kerabat atau masyarakat sekitar. Terakhir, daging kurban akan dibagikan kepada orang-orang yang tidak mampu.


Tradisi Idul Adha  di Pulau Bali
Tak sulit menemukan berbagai macam tradisi perayaan Idul Adha  di Indonesia. Bahkan di pulau dewata Bali yang memiliki jumlah muslim tak banyak, perayaannya tetap meriah. Umat muslim di Bali memanfaatkan libur nasional Idul Adha  dengan tradisi ngejot yaitu memberikan makanan kepada tetangga sekitar rumah, termasuk bagi yang non muslim. Anda dapat menyaksikan tradisi ini di kawasan Desa Petang, Badung.

Menariknya, umat muslim yang tinggal di Pulau Bali tetap bisa menyembelih hewan kurban. Walaupun bagi penganut Hindu, sapi adalah binatang suci yang harus dilindungi. Menurut ajaran agama Hindu, sapi merupakan lambang kesejahteraan kepada semua makhluk hidup di bumi. Adanya tradisi ngejot di Bali tersebut membuktikan tingginya toleransi antar umat beragama di sana. Jadi, Anda tak perlu ragu untuk merayakan Idul Adha  sambil berlibur di Bali.

Idul Adha  di negara minoritas muslim
Jika di Indonesia Idul Adha  merupakan hari libur nasional, hal tersebut tidak berlaku di Amerika. Meskipun demikian, Idul Adha  tetap menjadi hari libur untuk sekolah umum di New York.

Sementara yang tinggal di kawasan Kanada, terdapat pengecualian libur bagi yang merayakan Idul Adha. Penyembelihan hewan kurban juga tetap dilakukan secara tertutup agar tidak mencolok. Hal ini ditujukan agar mereka yang vegetarian tidak mengalami trauma dan rasa takut.

Sementara itu, Idul Adha  di Eropa juga tetap berlangsung semarak. Di sana, warga Muslim terbanyak tinggal di London timur. Selain itu, ada pula yang tinggal di Blackburn, Slough, Luton, Birmingham, Leicester, dan Manchester. Selain menyembelih hewan kurban, umat muslim setempat juga punya tradisi unik yaitu makan bersama dengan hidangan nasi dan kari khas India, serta baklava Turki. Tradisi tersebut dilangsungkan di masjid-masjid setempat.

Berencana memanfaatkan momen perayaan Idul Adha  untuk berlibur bersama keluarga? Pastikan Anda telah mempersiapkan keberangkatan sejak jauh-jauh hari. Pasalnya, momen ini juga dimanfaatkan banyak orang untuk bepergian. Maka, tak heran jika tiket pesawat dan hotel akan cepat habis. Untuk itu, tak ada salahnya jika Anda memesan tiket pesawat dan hotel melalui Agen Travel Anda.

Menariknya, dengan Agen Travel Anda  Anda bisa memesan tiket pesawat dan hotel sekaligus hanya melalui satu kali klk. Harga yang ditawarkan pun tentu lebih terjangkau karena merupakan harga paket. Anda juga bisa hemat waktu karena prosesnya cepat. Yuk, rencanakan liburan Anda dengan Agen Travel terdekat !
Source: traveloka.com
Share:

1 komentar:

  1. Promo www.Fanspoker.com :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete

Terbaru

Bupati Blora Minta Pemprov Jateng Tuntaskan Jalan Provinsi di Blora

BLORA – Disela-sela (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Blora Tahun 2025, Kamis (28/3 /24, Bupati Blor...

Total Pageviews

Popular Posts

Blog Archive

Komunitas

SELANJUTNYA »